Rabu, 14 April 2021
32 C
Surabaya
More
    Politik PemerintahanPendapatan Daerah P-APBD Jatim Turun Akibat -19

    Pendapatan Daerah P-APBD Jatim Turun Akibat Covid-19

    (WartaTransparansi.com) – Pandemi -19 yang muncul pada awal tahun ini berpengaruh terhadap kekuatan APBD tahun anggaran 2020. Dimana dalam Perubahan APBD Jatim tahun 2020 mengalami penurunan atau kontraksi kisaran hingga 5 persen dari target awal.

    Wakil Hj Anik Maslachah menyatakan bahwa penurunan pendapatan daerah dalam P-APBD Jatim tahun anggaran 2020 yang terbanyak terjadi pada sektor pendapatan dari pajak kendaraan bermotor akibat kondisi perekonomian yang lesu. Sehingga orang beli kendaraan bermotor berkurang.

    Kendati demikian berupaya untuk tetap optimal dalam pendapatan pajak seperti melakukan relaksasi pembayaran, pemutihan, hingga diskon bagi wajib pajak kendaraan bermotor.

    “Penurunan pendapat daerah ini tentunya akan berpengaruh pada belanja daerah. Namun fokusnya adalah pada recovery ekonomi dan recoveri kesehatan. Sebab dua hal itu menjadi skala prioritas yang menjadi turunan dari arahan pemerintah pusat,” jelas politisi asal PKB.

    Baca juga :  Masjid tak Boleh Berafiliasi Mazhab Tertentu

    Ia mengakui sektor pendidikan dalam P-APBD Jatim kali ini tidak menjadi skala prioritas. Alasannya selama pandemi Covid-19, BPOPP juga mengalami penurunan tidak sesuai dengan yang direncanakan semula karena tidak ada kegiatan belajar mengajar tatap muka dan kegiatan fisik sehingga berpengaru terhadap anggaran belanja rutin.

    Reporter : Samuel Ruung
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    Komentar

    guest
    0 Komentar
    Inline Feedbacks
    View all comments

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan