Kamis, 15 April 2021
25 C
Surabaya
More
    OpiniKetika Guru RA dan PAUD Terpinggirkan

    Ketika Guru RA dan PAUD Terpinggirkan

    SUATU  hari silaturrahmi ke seorang teman guru di pelosok Jombang, ada Yayasan Pendidikan Islam Sabilul Muttaqin, Desa Kedungbetik, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa .

    Seorang pemilik yayasan sekaligus guru menyatakan rasa prihatin atas perkembangan dunia pendidikan, terutama di sektor pendidikan formal Taman Kanak-Kanak atau Raudlotul Athfal, sebagai pengantar pendidikan formal pertama dan utama, justru tidak mendapat perhatian dari pemerintah.

    Mengapa demikian? Program pemerintah dengan memperhatikan dan lebih memperhatikan madrasah diniyah dan muatan lokal, terutama di Jombang, dengan kacamata bahwa di dalam kurikulum Madin ialah mengaji Al-Qur/an dan pelajaran agama dasar sudah diberikan. Juga sebagai program bahwa pemerintah sekarang lebih memperhatikan kegiatan dan program umat Islam.

    Baca juga :  Ramadhan, Momentum Perdamaian Dunia

    Padahal, ketidakmampuan memotret pendidikan di tingkat paling dasar sebagai pengantar semua level pendidikan, Pendidikan Anak Usia Dini () dan Raudlotul Athfal (RA) atau Taman Kanak-Kanan (TK), justaru sangat memegang kendali guna melanjutkan ke jenjang pendidikan formal di dasar.

    Sebab RA/TK dan PAUD mengajarkan bukan sekedar membaca dan belajat menulis, tetapi juga memberikan landasan budi pekerti luhur (akhlakul karimah), serta pendidikan Al-Qur/an juga kebangsaan. Bahkan meletakkan dasar sebagai anak didik yang baik.

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    Komentar

    guest
    0 Komentar
    Inline Feedbacks
    View all comments

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan

    Ramadhan, Momentum Perdamaian Dunia

    Jurnalisme Rilis Dan Corong Penguasa

    Kongres HMI Ricuh itu Seksi