Rabu, 24 Juli 2024
30 C
Surabaya
More
    Politik PemerintahanRoad Show Bus KPK 2024 Berakhir, Semoga Beri Dampak Positif Bagi Pemprov...

    Road Show Bus KPK 2024 Berakhir, Semoga Beri Dampak Positif Bagi Pemprov dan Generasi Muda

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur (Pj. Sekdaprov Jatim) Bobby Soemiarsono menutup Road Show Bus KPK 2024 di SMK Negeri 5 Surabaya, Jl. Prof. Dr. Moestopo No. 167-169 Gubeng Surabaya, Sabtu (15/6). 

    Pj. Sekdaprov Bobby mengharapkan Road Show Bus KPK yang bertajuk “Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi” bisa memberikan dampak positif tidak hanya bagi Pemprov tetapi juga generasi muda di Jawa Timur.

    “Harapannya bisa memberikan dampak positif tidak hanya bagi Pemerintah Provinsi Jawa Timur tapi juga bagi generasi muda kita, para siswa-siswi SMA SMK,” kata Bobby.

    Bobby menyampaikan Pemprov Jatim sangat setuju dan mendukung program Road Show Bus KPK 2024. Sebab, program tersebut memberikan edukasi dan pemahaman sejak dini terkait berbagai upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah pikiran dan tindakan korupsi. 

    “Kami sangat sepakat bahwa pendidikan atau pemahaman antikorupsi ini harus dibangun sejak dini mulai dari siswa-siswi bahkan mungkin sejak mereka mulai pada pendidikan yang sifatnya pembentukan karakter,” ucapnya.

    Ia menjelaskan pendidikan dan pemahaman budaya anti korupsi penting dilakukan sejak dini terutama pada masa-masa pembentukan karakter anak. Pasalnya ketika hal tersebut konsisten dilakukan maka akan mampu membentuk budaya anti korupsi di masa mendatang.

    “Kegiatan-kegiatan ini bisa betul-betul membangun budaya anti korupsi, kita paham bahwa budaya korupsi yang sangat-sangat tidak bagus itu bukan budaya asli Indonesia,” jelasnya.

    Menurutnya perilaku dan tindak korupsi yang ada saat ini adalah warisan dari masa kolonial yang berlangsung selama berabad-abad lamanya di Indonesia. Oleh sebab itu, ia menyampaikan pentingnya menyasar generasi muda Indonesia untuk memberikan pendidikan dan pemahaman tentang anti korupsi.

    “Hasilnya memang tidak satu dua hari, tidak instan, karena mereka ini belum bekerja, sekian tahun ke depan mereka kuliah dan bekerja, ini baru akan terasa buahnya, akan terasa di beberapa tahun kedepan,” tuturnya.

    Oleh karenanya ia mengatakan bahwa Pemprov Jatim menyambut baik dan mendukung program Road Show Bus KPK 2024 yang kali ini menyapa Kota Surabaya, Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Bangkalan. Pj. Sekda Jatim yang juga Kepala Bapenda ini berharap program ini terus dapat dilakukan di tahun-tahun mendatang dan mengunjungi daerah-daerah lain di Jawa Timur.

    “Kami berharap jangan kapok, mudah-mudahan tahun depan bapak berkenan lagi di kabupaten kabupaten yang lain untuk road show bus KPK ini di Jawa Timur,” ujarnya.

    Sementara itu Kepala Sekretariat Kedeputian Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK RI Guntur Kusmeiyano menyampaikan pentingnya menyasar bidang pendidikan untuk pendidikan dan pemahaman nilai-nilai anti korupsi. Karena menurutnya bidang ini adalah bidang paling strategis.

    “Yang sekarang sebagai pelajar itulah nanti yang memegang tongkat estafet kepemimpinan nanti,” ucapnya.

    Ia menjelaskan bahwa melalui program Road Show Bus KPK 2024 di Jawa Timur ini KPK ingin membumikan nilai-nilai anti korupsi di Jawa Timur. Nilai-nilai tersebut yaitu jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani dan adil. Penyampaiannya pun disesuaikan dengan segmentasi.

    “Kalau untuk anak-anak TK, PAUD, kita menggunakan media video, komik board game dan itu sudah dilakukan di Jawa Timur kemarin,” tutupnya. (*)

    Reporter : Amin Istighfarin

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan