Rabu, 24 Juli 2024
30 C
Surabaya
More
    HeadlineEuro 2024 Baru Dimulai, Timnas Jerman Sudah Ukir Sejarah

    Euro 2024 Baru Dimulai, Timnas Jerman Sudah Ukir Sejarah

    Munich (WartaTransparansi.com) – Tuan rumah Jerman berpesta gol saat mengawali babak penyisihan Grup A Piala Eropa (Euro) 2024. Skotlandia menjadi korban pertama dengan skor 5-1 dalam matchday pertama babak penyisihan Grup A Euro 2024.

    Laga Jerman vs Skotlandia dalam jadwal Euro 2024 bergulir di Stadion Munich Football Arena pada Jumat (14/6/2024) atau Sabtu (16/6/2024) dini hari WIB. Lima gol Jerman lahir melalui Florian Wirtz (10’), Jamal Musiala (19’), Kai Havertz (45+1’), Niclas Fuellkrug (68’), dan Emre Can (90+3’).

    Adapun gol tunggal Timnas Skotlandia tercipta berkat gol bunuh diri bek Timnas Jerman, Antonio Rudiger, pada menit ke-87. Dalam laga itu, Skotlandia juga bermain dengan 10 orang setelah Ryan Porteous diganjar kartu merah pada menit ke-44. Berkat kemenangan tersebut, Timnas Jerman menghuni puncak Grup A Euro 2024 dengan nilai tiga. Adapun Skotlandia bercokol di dasar grup dengan nol poin.

    Pada pertandingan selanjutnya di Grup A, Timnas Jerman akan bentrok dengan Hungaria di MHPArena, Stuttgart, 19 Juni mendatang. Di sisi lain, Timnas Skotlandia berhadapan dengan Swiss di RheinEnergieStadion, Cologne, 20 Juni 2024. Kemenangan meyakinkan itu juga membuat Timnas Jerman mengukir sejarah di Euro. Menurut catatan Squawka, skor 5-1 adalah kemenangan terbesar Timnas Jerman di pesta sepak bola antarnegara Eropa tersebut. Selain itu, Jerman juga menorehkan sejarah karena menjadi tim pertama dengan kemenangan terbesar pada laga pembuka Euro.

    “Saya senang, saya puas, tidak mudah untuk menjalani pertandingan pertama di negara kami sendiri. Kami brilian pada 20 menit pertama, saya senang dengan penampilan kami,” ujar pelatih Timnas Jerman, Julian Nagelsmann. “Kami kebobolan, tetapi pada akhirnya tidak apa-apa, itu pertanda baik bahwa para pemain kami mengeluh karena kebobolan,” lanjutnya seperti dilansir BBC Sport.

    Pelatih Skotlandia, Steve Clarke, mengakui Jerman memang sangat luar biasa dan sulit untuk ditandingi. Di lain sisi, Steve Clarke menjelaskan, performa Skotlandia dalam pertahanan dan penguasaan bola tidak mengesankan. “Jerman luar biasa dan kami tidak bisa menandingi mereka,” kata Clarke.

    “Secara pertahanan dan penguasaan bola kami tidak terlalu bagus sehingga kami mendapatkan kesulitan,” imbuh pelatih kelahiran Skotlandia itu. Pelatih berusia 60 tahun itu tidak mau Skotlandia larut dalam kekecewaan seusai menderita saat melawan Jerman.

    Clarke menginginkan para pemain timnas Skotlandia menatap dua laga selanjutnya melawan Hongaria dan Swiss. Menurut Clarke, Skotlandia mengincar satu kemenangan dan satu imbang guna memenuhi target meraih empat poin dalam fase Grup A Euro 2024. “Empat poin adalah targetnya, saya sudah mengatakannya sejak awal,” kata eks pemain bertahan Chelsea itu. (*)

    Klasemen Grup A

    Posisi    Negara                 Main      Menang       Seri        Kalah     SG          Poin

    1           Jerman                 1              1              0             0        5-1          3

    2           Swiss                    0              0              0             0        0-0          0

    3           Hungaria               0              0              0              0        0-0          0

    4           Skotlandia            1              0              0              1        1-5          0

    Jadwal Sabtu (15/6/2024)

    02.00 WIB (Grup A) Jerman vs Skotlandia 5-1

    20.00 WIB (Grup A) Hungaria vs Swiss

    23.00 WIB (Grup B) Spanyol vs Kroasia

    Minggu 16 Juni

    02.00 WIB (Grup B) Italia vs Albania

     

    Reporter : samuel

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan