Minggu, 21 Juli 2024
24 C
Surabaya
More
    PendidikanPesan Sakral untuk 450 Siswa-siswi SMAN 4 Sidoarjo Purnawidya Adhitama XXVIII, Ingin...

    Pesan Sakral untuk 450 Siswa-siswi SMAN 4 Sidoarjo Purnawidya Adhitama XXVIII, Ingin Sukses Buru Ridlo Orang Tua

    SIDOARJO (WartaTransparansi com) — Prosesi 450 siswa-siswi kelas 12 SMAN 4 Sidoarjo mengikuti Purnawidya Adhitama, Sabtu (25/05/2024), penuh dengan pesan sakral.

    Diawali kirab dan tari tradisional, pelepasan siswa-siswi kelas 12 itu penuh makna, usai Purnawidya dibuka resmi oleh Kepala SMAN 4 Sidoarjo, Dr. H. Karyanto SPd, MSi.

    Menurut Karyanto, melalui prosesi Purnawidya Adhitama XXVIII 2024 ini, maka tugas para guru untuk mengantar ratusan siswa sebagai generasi bangsa untuk menempuh jenjang pendidikan tahap atas telah selesai. Sekolah sudah memberikan pendidikan yang terbaik sebagai bekal menapak jejak kehidupan ke depan.

    “Salah satu pesan usai Purnawidya Adhitama ini sukses dan barokahnya hidup para siswa-siswi bergantung pada ridho kedua orang tua. Karena itu, jangan pernah melawan dan menyakiti hati kedua orang tua kalian,” pinta Dr Karyanto yang juga mantan Kepala SMAN 1 Krian ini.

    Tidak hanya itu, Karyanto juga optimis jika 450 lulusan SMAN 4 Sidoarjo di Tahun 2024 ini bakal selalu mendapat ridho dan petunjuk dari Allah SWT.

    “Tetap jalin silaturahmi terutama guru walas yang bisa menjadi sarana konsultasi. Mengutip filsafat para filosof dan ilmuwan, kesuksesan yang mengantar kita adalah akhlaq dan kepribadian kita itu sendiri. Kalau tidak punya akhlak bagus serta jasmani dan ilmu yang tinggi tidak akan ada unsur kemanfaatan bagi lingkungannya,” tegasnya.

    Sementara itu, Karyanto juga menguatkan pesan terakhirnya untuk para lulusan SMAN 4 Sidoarjo. Yakni meski sudah lulus sekolah tetap harus terus menerus belajar, berkarya dan mengabdi serta optimis dalam menghadapi semua persoalan yang ada.

    “Karena sukses adalah milik kalian (lulusan SMAN 4 Sidoarjo). Jadi tetap harus berbakti kepada orang tua. Itu kunci semua langkah dan harapan setelah lulus dari SMAN 4 Sidoarjo. Baik yang melanjutkan kuliah, bekerja, berwirausaha maupun yang mendaftarkan diri ke Polri atau TNI. Sukses selalu buat kalian (lulusan SMAN 4 Sidoarjo),” pungkas Karyanto.

    Informasi lain, dari 450 siswa yang dinyatakan lulus 100 persen, 104 siswa diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Jatim dan Jateng. Rinciannya, 79 siswa di PTN melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), 20 siswa diterima di Politeknik Kesehatan, 4 siswa di SPAN PTKIN dan 1 siswa di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) melalui jalur golden tiket (tiket emas).

    “Total terdapat 104 siswa masuk PTN melalui jalur undangan PTN, Kedinasan dan Poltek. Kami hanya berpesan, tetap berkarya dan tetap jadi anak – anak alumni Smanivda (SMAN IV Sidoarjo) yang baik dan penuh prestasi dan juara,” kata Agus Ahyasunnas, SPd Waka bidang Kurikulum.

    Dilanjutkan Nunung Prasetyo Nugroho, SPd Waka Bidang Kesiswaan, dari tempaan pembelajaran kurikulum merdeka, siswa punya pilihan lebih mandiri terutama berkaitan dengan masa depannya.

    Tidak kalah penting peran alumni dan Komite SMAN 4 Sidoarjo serta masyarakat yang peduli dengan lingkungan dan kenyataan di sekolah. “Alhamdulillah, para alumni tetap menjalin komunikasi sehingga bisa berbagi informasi dan pengalaman,” papar Nunung juga Wakil Ketua Pelaksana Purnawidya Adhitama 2024 di SMAN 4 Sidoarjo. (*)

    Reporter : Makin Rahmat

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan