Kamis, 23 Mei 2024
32 C
Surabaya
More
    SultengPolisi Tangkap Penipu Casis Rp757 Juta Janjikan Lolos Seleksi Bintara Polri 2023

    Polisi Tangkap Penipu Casis Rp757 Juta Janjikan Lolos Seleksi Bintara Polri 2023

    PALU (Wartatransparansi.com) – Tim Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Sulteng menangkap dua orang diduga melakukan tindak pidana penipuan orang tua calon siswa (Casis) Bintara Polri saat rekrutmen Polri tahun 2023, di Polda Sulteng . Keduanya masing-masing berinisial AAS (40) dan JT (58).

    Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Pol Djoko Wienartono menjelaskan, penangkapan kedua tersangka dilakukan setelah polisi mendapat laporan dari para korban berinisial SDM (56), warga Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai dan HAP (46), warga Kec. Masama. Banggai, Sulawesi Tengah.

    Berdasarkan laporan kedua korban, kata Djoko, pelaku berhasil menguras uang senilai Rp407 juta milik korban SDM dan Rp350 juta milik korban HAP.

    “Totalnya Rp 757 juta. Pelaku menjanjikan anak dan cucu korban lolos seleksi Bintara Polri. Tersangka telah ditangkap. AAS ditangkap pada 1 Maret 2024 di Cianjur, Jawa Barat dan kedua tersangka berinisial JT ditangkap pada 4 April 2024 di Depok, Jawa Barat, “kata Kombes Pol Djoko Wienartono di Palu, Senin (8/4/2024).

    Baca juga :  Diduga Dianiaya Kepsek, Mata Siswa SMP Tojo Bengkak dan Lebam

    Menurut Djoko, awalnya pelaku AAS bertemu dengan korban SDM di Batui, Kabupaten Banggai. Saat itu, AAS mengaku dekat dengan salah satu guru besar PTIK di Jakarta.

    “Jadi pelaku JT inilah yang oleh AAS diperkenalkan kepada korban SDM sebagai Profesor. JT katanya dapat mengupayakan kelulusan anak dan cucu kedua korban. Padahal anak atau cucu mereka saat proses seleksi sudah dinyatakan tidak lulus,” jelas Kabid Humas.

    Saat ini kedua tersangka ditahan di Polda Sulteng dan dijerat Pasal 45 A ayat (1) Jo. 28 ayat (1) dan/atau Pasal 51 ayat (1) Jo. Pasal 35 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

    Baca juga :  Penyidik Batal Periksa Tersangka IUP Palsu Karena Ibadah Haji

    “Kami menghimbau kepada masyarakat Sulawesi Tengah, bahwa Polda Sulteng sedang membuka pendaftaran menjadi anggota Polri tahun anggaran 2024, diingatkan untuk tidak melalui Calo atau lewat orang yang mengaku bisa meluluskan seleksi, masuk Polri Gratis dan tidak dipungut biaya,” tutupnya (*)

    Reporter : Rahmat Nur

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan