Sabtu, 20 April 2024
29 C
Surabaya
More
    OlahragaMenko Muhadjir Harap Pembangunan Arena PON XXI Dipercepat

    Menko Muhadjir Harap Pembangunan Arena PON XXI Dipercepat

    BANDA ACEH (WartaTransparansi.com) – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta pembangunan arena  Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut  2024 dipercepat.

    “Harus cermat sampai paling detail, kualitas besinya, kualitas lain, kalau perlu tambahan tenaga juga segera diatur sedemikan rupa, sehingga percepatan bisa dilaksanakan,” tegas Muhadjir usai meninjau Kompleks Olahraga Stadion Harapan Bangsa (SHB), di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, pada Rabu (27/3/2024).

    Kompleks Olahraga Stadion Harapan Bangsa (SHB) merupakan kompleks olahraga yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Aceh untuk perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 yang akan diselenggarakan pada 8-20 September 2024.

    Kompleks SHB merupakan arena utama yang akan menjadi arena utama pembukaan PON XXI. Terdapat berbagai arena yang saat ini tengah dibangun dan dikebut pengerjaannya, yaitu: Stadion Harapan Bangsa; Hall Anggar; GOR Angkat Besi/Berat; GOR Bola Basket; Lapangan Tenis; dan Lapangan Panahan.

    Baca juga :  Red Sparks Kontra Indonesia All Star Bikin Heboh Pecinta Volley Nasional

    Menko PMK juga secara langsung mengecek arena olahraga Stadion Harapan Bangsa, Hall Anggar, dan GOR Angkat Besi, di mana keseluruhan arena tersebut masih dalam tahapan pembangunan renovasi dan rekonstruksi. Berdasarkan laporan dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Aceh, Pemda Aceh dan pihak pengembang, sejauh ini progress pembangunan sudah mencapai 15 persen.

    Menko PMK meminta supaya pembangunan dipercepat, dan pada akhir Juli sudah bisa diselesaikan. “Tadi saya melihat persiapan stadion sudah 15 persen. Mudah-mudahan pertengahan Bulan Juli nanti sudah jadi. Nanti pembukaannya di Stadion Harapan Bangsa dan akan dilangsungkan secara megah dan meriah,” ungkapnya.

    Meskipun dalam waktu yang singkat, Menko PMK mengingatkan supaya pembangunan harus tetap dilakukan dengan cermat, detail, kualitas bahan bangunan seperti besi, dan lainnya harus tetap yang terbaik. Termasuk juga dia meminta supaya pihak Pemda mengerahkan SDM lokal di Kota Banda Aceh untuk menjadi tenaga utama dalam pembangunan.

    Baca juga :  Red Sparks Kontra Indonesia All Star Bikin Heboh Pecinta Volley Nasional

    Selain itu, Muhadjir  mengaku senang dengan semangat Provinsi Aceh yang berupaya penuh dalam menyiapkan pembangunan berbagai arena secara matang. Termasuk juga mengaitkan nilai-nilai kebudayaan khas Aceh dalam berbagai pernak-pernik pembangunan.

    Menko PMK juga berharap supaya perhelatan PON XXI Aceh-Sumut khususnya di Kota Banda Aceh bisa lebih meriah dibandingkan perhelatan PON sebelumnya. Lantaran diselenggarakan di dua kota besar, dan juga banyak masyarakat yang juga bisa dilibatkan.

    “Paling tidak meriahnya sama seperti di Papua dan bisa jadi lebih meriah karena potensi SDM dan kemungkinan mobilisasi penonton lebih banyak,” ujarnya.

    Menko PMK didampingi Pj. Gubernur Aceh Bustami  Hamzah, Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, Wakil Ketua Umum KONI Pusat Mayjen (Purn) Suwarno, Kepala BPPW Aceh, perwakilan Kementerian PUPR, Kemenpora, dan perwakilan pengembang proyek pembangunaan arena PON. (*)

    Reporter : Anwar HD

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan