Kamis, 29 Februari 2024
26 C
Surabaya
More
    OlahragaBabak 16 Besar Liga 3 Kapal Api PSSI Jatim Tentukan 4 Tuan...

    Babak 16 Besar Liga 3 Kapal Api PSSI Jatim Tentukan 4 Tuan Rumah

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) – Kompetisi Liga 3 Kapal Api PSSI Jawa Timur 2023/2024 telah memasuki babak 16 besar. Asprov PSSI Jatim sudah menentukan empat tuan rumah dan pembagian grup di fase tersebut, Minggu, 14 Januari 2024.

    Babak 16 besar sendiri akan diputar pada 18, 20 dan 22 Januari 2024. Setiap grup di babak ini diisi empat tim. Dari masing-masing grup akan diambil 2 tim, juara grup dan runner-up untuk melaju ke babak 8 besar. Adapun Grup HH, selain dihuni tuan rumah Persekabpas Pasuruan, juga ada Persid Jember, PSM Kota Madiun dan PS Mojokerto Putra. Laga grup ini akan dimainkan di Stadion R. Soedrasono, Bangil, Pasuruan.

    Untuk Grup II, tuan rumah Persibo Bojonegoro akan ditemani NZR Sumbersari, Banyuwangi Putra dan PSIL Lumajang. Mereka akan bermain di Stadion Letjen H. Soedirman, Bojonegoro. Berikutnya Grup JJ yang akan dimainkan di Stadion Untung Surapati, Kota Pasuruan. Penghuni grup ini terdiri dari tuan rumah Pasuruan United, Persiga Trenggalek, Mitra Bola Utama, dan Perssu Sumenep.

    Baca juga :  Mirza Amanbillah, Siswa SMA Muhammadiyah 10 Tembus Timnas PSSI U-16

    Dan grup terakhir, Grup KK dengan home base Stadion Canda Bhirawa Kediri, Persedikab Kediri akan bersaing dengan Perseta Tulungagung 1970, Persipro 1954, dan Persewangi Banyuwangi.

    “Penunjukan empat tuan rumah ini berdasarkan surat pengajuan resmi yang dikirimkan oleh klub-klub tersebut. Kemudian melalui rapat Bidang Kompetisi PSSI ditentukan keempat tuan rumah ini. Pastinya dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu,” jelas Joko Tutuko, Sekretaris Asprov PSSI Jatim.

    Beberapa kewajiban yang harus disiapkan tuan rumah. Seperti menyediakan stadion sesuai regulasi, dan menyiapkan stadion pendamping sebagai pertandingan simultan. Kemudian, menyediakan tempat untuk technical meeting H-1 sebelum pertandingan, mendapat izin pertandingan dari kepolisian setempat, memberi jaminan keamanan tim tamu, menyediakan petugas keamanan dan kesehatan sesuai kebutuhan dalam aturan yang berlaku.

    Baca juga :  Mirza Amanbillah, Siswa SMA Muhammadiyah 10 Tembus Timnas PSSI U-16

    Selanjutnya menyediakan liason officer (LO) wasit, PP dan tim tamu, jaringan internet, rekaman pertandingan, live streaming di kanal YouTube PSSI Jatim, serta menyediakan transportasi lokal perangkat pertandingan selama berlangsung. Menurut Joko, pembagian grup juga ditentukan dengan mempertimbangkan kedekatan wilayah, atau hal lain yang bersifat teknis. Semua peserta juga sudah sepakat,” kata Joko.

    Soal peta kekuatan, menurut Joko, tidak ada grup ringan atau grup neraka. Semua tim yang bertanding di babak 16 besar memiliki kekuatan cukup berimbang. Semua klub mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. “Semua tim punya peluang lolos yang sama. Tuan rumah memang lebih diuntungkan karena bermain di kandang sendiri. Tapi itu bukan jaminan mereka bisa lolos ke fase selanjutnya. Karena kita tahu, semua tim yang lolos ini sudah membuktikan kualitas mereka di babak sebelumnya, dengan menyisihkan lawan-lawannya,” paparnya.

    Baca juga :  Mirza Amanbillah, Siswa SMA Muhammadiyah 10 Tembus Timnas PSSI U-16

    Joko berharap, tim-tim yang lolos ke babak 8 besar benar-benar tim yang berkualitas. Karena mereka akan bertarung di tahap yang lebih berat dengan lawan yang lebih berat pula. “Saya sangat yakin, dengan peningkatan kualitas pelatih dan perangkat pertandingan melalui pelatihan-pelatihan yang kita gelar selama ini, akan menghasilkan pemain-pemain dan tim-tim yang berkualitas akan terwujud. Pertandingan pun akan berlangsung sengit karena kekuatan setiap tim mengalami kenaikan,” terang Joko. (*)

    Reporter : samuel

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan