Kamis, 22 Februari 2024
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMojokertoSongsong Hari Sejuta Pohon PJ. Wali Kota dan Pimpinan OPD Tanam Tabebuya

    Songsong Hari Sejuta Pohon PJ. Wali Kota dan Pimpinan OPD Tanam Tabebuya

    MOJOKERTO (WartaTransparansi.com) – Penjabat (Pj.) Wali Kota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro melakukan penanaman pohon tabebuya serentak di area kolam retensi di area kolam retensi, Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari, Sabtu (13/1/2024).

    Hal ini dimaksudkan untuk memperingati Hari Sejuta Pohon yang jatuh pada 10 Januari lalu.

    “Hari ini kita lakukan kegiatan rutin jalan sehat dengan OPD. Jadi selain badan sehat juga nawaitunya sedekah oksigen dengan menanam pohon bersama-sama di kolam retensi,” Ali Kuncoro.

    Menurut Ali, pohon tabebuya tak hanya cantik, namun juga dikenal memiliki banyak manfaat seperti mampu menangkal polusi udara serta menyerap udara yang tercemar.

    Selain itu, pohon tabebuya memiliki kemampuan menyerap air dengan sangat baik, hal tersebut diharapkan dapat mencegah atau pun meminimalisir terjadinya banjir.

    Baca juga :  Bupati Ikfina Ajak Pelajar Bijak Pada Dunia Digital

    “Selain bunganya yang cantik, tanaman tabebuya ini juga banyak manfaatnya. Harapannya tentu selain mempercantik area sekitar kolam retensi, juga bisa menangkal polusi udara, serta bisa menyerap air hujan biar tidak terjadi banjir,” terang Mas Pj. Wali, sapaan akrab Ali Kuncoro.

    Sebelumnya, Kadispora Jatim bersama rombongannya itu melakukan jalan sehat dari GOR Seni Mojopahit, menuju Jalan Benteng Pancasila, melewati Jalan Empunala, dan berakhir di Kolam Retensi Kelurahan Kedundung, yang dilanjutkan dengan bakti sosial membersihkan masjid setempat.

    Sebagai informasi, Pemkot Mojokerto sebelumnya juga sudah menanam ratusan pohon tabebuya di beberapa titik, seperti di Alun-alun Wiraraja, Jalan Brawijaya, Jalan Pahlawan, dan di Jalan Benteng Pancasila.

    Baca juga :  Percepat Pencairan Bupati Ikfina Launching Kartu Kredit Daerah

    Setiap memasuki awal musim hujan, ratusan pohon tabebuya dengan aneka warna bermekaran di Kota Mojokerto dan menjadi jujukan spot swafoto masyarakat.(*)

    Reporter : Gatot Sugianto

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan