Kamis, 29 Februari 2024
26 C
Surabaya
More
    SultengStrategi Pengamanan Natal, Tahun Baru 2024 dan Patroli Tiga Pilar Jelang Pemilu

    Strategi Pengamanan Natal, Tahun Baru 2024 dan Patroli Tiga Pilar Jelang Pemilu

    PALU (Wartatransparansi com) –Kota Palu, Sulawesi Tengah dijuluki sebagai kota lima dimensi yang terdiri atas lembah, lautan, sungai, pegunungan, dan teluk.

    Jumlah penduduk berdasarkan data agregat kependudukan di semester I yang dirilis pada situs resmi dukcapil.palukota.go.id menyebutkan total penduduk Kota Palu berkisar 382.017 Jiwa, dengan luas wilayah Kota Palu mencapai 395,06 kilometer persegi.

    Dari luas wilayah dan jumlah penduduk itu, Kepolisian Resort Kota (Polresta) Palu menerapkan strategi Patroli Gabungan Tiga Pilar Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dan Pengamanan Ops Lilin Tinombala diperayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

    Patroli gabungan tiga pilar itu kata Kapolresta Palu Kombes Pol. Barliansyah, sebagai langkah strategis untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di tengah persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

    Baca juga :  13 Remaja Terseret Arus di Air Terjun Wera, Satu Orang Meninggal 

    Yang mana menurut Barliansyah, patroli itu melibatkan personel dari TNI, Polri, dan Satpol-PP, yang nantinya sigap berkolaborasi untuk meningkatkan pengamanan wilayah.

    “ Fokus kali ini adalah Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Baaslu) dan gudang logistik pemilu di kota Palu. Kedua tempat tersebut memiliki peran krusial dalam kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan Pemilu 2024. “ kata Barliansyah, Kamis (28/12/2023).

    “ Sejumlah personel telah ditempatkan untuk memastikan pengamanan maksimal di sekitar area tersebut, termasuk deteksi dini terhadap potensi gangguan keamanan.“ ucapnya

    Sementara untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024, Polresta Palu dan jajaran Polsek telah melaksanakan kegiatan Pengamanan Ops Lilin Tinombala di pos-pos yang ada di wilayah hukum Polresta Palu, yang juga menyakup pengamanan arus mudik dan arus balik, kata Barliansyah.

    Baca juga :  Polsek Palu Barat Pantau PSU di TPS 17 Kabonena

    ” Kegiatan Pelayanan pengamanan demi menciptakan keamanan dalam arus mudik di Natal dan Tahun Baru 2024, Unsur yang di libatkan diantaranya Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, BPBD, Pol. PP dan mitra kepolisian.” Ucapnya. (*)

    Reporter : Rahmad Nur

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan