Sabtu, 24 Februari 2024
28 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaIni Upaya Pemkot Surabaya Beri Perlindungan Ibu dan Anak

    Ini Upaya Pemkot Surabaya Beri Perlindungan Ibu dan Anak

    SURABAYA (Wartatransparansi.com) – Pemkot Surabaya terus berupaya memberikan perlindungan kepada ibu dan anak, khususnya dalam mencegah terjadinya kekerasan dan bunuh diri. Salah satu upaya itu dilakukan pemkot dengan mendirikan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) di setiap Balai RW Surabaya.

    Wali Kota Eri Cahyadi mengtakan, pemkot memberikan perlindungan kepada ibu dan anak melalui pendampingan. Pendampingan ini adalah menunjukkan bahwa Surabaya dibangun dengan semangat gotong royong dan guyub rukun.

    “Ada sekolah orang tua hebat yang ada di setiap Balai RW. Di situ ada psikiater, ada psikolog. Yang di samping bagaimana membentuk keluarga, seorang ibu juga bisa menyampaikan permasalahannya dengan didampingi psikologi-psikolog yang ada di Kota Surabaya,” ujarnya.

    Baca juga :  Khofifah dan TKD Jatim Takziyah ke Rumah Petugas PPS yang Meninggal

    Selain itu, Eri mengungkapkan bahwa Pemkot Surabaya juga memiliki aplikasi berupa Sistem Informasi Pelayanan Perlindungan Perempuan dan Anak (SIAP PPAK). Aplikasi ini bisa digunakan untuk para ibu dan anak perempuan melaporkan atau berkonsultasi tentang permasalahan yang dialami.

    Menariknya, aplikasi SIAP PPAK juga menghubungkan pengguna dengan psikolog-psikolog profesional yang siap memberikan bimbingan dan solusi.

    “Ini adalah salah satu usaha Pemerintah Kota Surabaya untuk memberikan perlindungan kepada ibu dan anak. Karena kekuatan ibu dan anak inilah yang akan mengubah Surabaya menjadi kota yang lebih baik lagi,” ujarnya.

    Sementara itu, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Surabaya, Rini Indriyani menekankan pentingnya peran ibu dan ayah dalam membentuk keluarga yang harmonis dan bahagia.

    Baca juga :  Wali Kota Eri Ingatkan Pengembang Perumahan Siapkan Kolam Air

    “Karena ibu adalah madrasah pertama buat anak-anaknya. Sehingga kalau misalnya ibunya ini kuat secara psikologis, secara ilmu untuk bisa mendidik anak-anak, Insyaallah itu bisa terhindar,” katanya.

    Rini juga menyatakan bahwa penguatan keluarga tidak hanya dari ibu, tapi juga ayah. Menurutnya, dukungan dan bimbingan dari suami sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan ibu dan anak. (wet)

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan