Selasa, 16 April 2024
29 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriKepergok Curi Cabai, Warga Blitar Babak Belur Dihakimi Massa

    Kepergok Curi Cabai, Warga Blitar Babak Belur Dihakimi Massa

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) Tidak menanam tapi ikut panen, pria berinisial HD, 25 tahun, warga Desa Gembongan, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, berhasil diamankan warga lantaran diduga mencuri cabai.

    Pelaku HD babak belur dihajar massa setelah tertangkap di area persawahan Dusun Baran, Desa Purwodadi Kecamatan Ringinrejo, Kabupaten Kediri, Senin 11 Desember 2023 malam.

    “Betul ada laporan pencurian cabai tadi malam ditangkap warga dan langsung kita amankan,” ujar Kapolsek Ringinrejo Polres Kediri, AKP Joko Suparno, Selasa, (12/12/2023).

    AKP Joko menjelaskan, saat petugas tiba di lokasi terduga pelaku sudah diamankan warga dan dalam kondisi babak belur.

    Kronologinya berawal korban Banadi, 58 tahun, pemilik lahan cabai sempat curiga karena tanaman cabai miliknya berkurang banyak saat hendak dipanen.

    Padahal sebelumnya, hasil panen cabai cukup banyak. Banadi memperkirakan ada sekitar 10 kilogram cabai yang hilang saat hendak panen.

    Kemudian, Banadi sengaja nyanggong tanamannya untuk memastikan, apakah memang benar ada yang mencuri.

    “Korban sengaja datang saat malam hari untuk memantau. Tidak lama kemudian terduga pelaku menggunakan motor dan berhenti di tepi lahan. Pelaku kemudian masuk ke lahan cabai milik korban dan memetik cabai siap panen,” imbuh AKP Joko.

    Mengetahui ada yang memetik tanaman cabainya, Banadi langsung meminta tolong warga untuk menangkap pelaku. Namun, saat warga datang, terduga pelaku malah kabur dan sempat terjadi kejar-kejaran dengan warga.

    Namun, warga berhasil menangkap pelaku. Apesnya, warga menghajar pelaku hingga babak belur. Warga kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Ringinrejo. Akhirnya, pelaku berhasil diamankan di Mapolsek Ringinrejo.

    “Ya langsung kita amankan. Kemudian korban juga kita panggil untuk kita mintai keterangan sebagai saksi,” urai AKP Joko.

    Barang bukti yang diamankan sekitar 1 kilogram cabai rawit. Selanjutnya kedua belah terduga pelaku dan korban diberi penjelasan.

    Karena kasus pencurian ini total kerugian hanya sedikit, polisi kemudian menilai kasus ini dalam kategori tindak pidana ringan (tipiring).

    “Korban akhirnya memaafkan terduga pelaku. Dan kasus berakhir dengan damai,” ungkap AKP Joko. (*)

    Reporter : Moch Abi Madyan

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan