Jumat, 24 Mei 2024
31 C
Surabaya
More
    LapsusMenuju Pilpres 2024KPU Gelar Debat Capres-Cawapres Lima Kali, Tidak Boleh Diwakilkan

    KPU Gelar Debat Capres-Cawapres Lima Kali, Tidak Boleh Diwakilkan

    JAKARTA (Wartatransparansi.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyampaikan debat capres-cawapres akan dimulai pada Desember 2023. Acara debat dilakukan lima kali dan kemungkinan digelar di Jakarta seluruhnya.

    “Ada kemungkinan rencananya di Jakarta semua,” ujar Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023).

    Hasyim mengatakan, dari lima kali debat capres-cawapres salah satunya nanti akan berlangsung di Kantor KPU. Namun, belum diketahui pasti debat sesi ke berapa.

    “Ada satu (debat) nanti entah pembukaan atau penutupan di kantor KPU,” ucapnya.

    Sebelumnya, Komisioner KPU RI August Mellaz mengungkapkan debat capres-cawapres akan berlangsung dua kali pada Desember 2023. Selanjutnya, tiga debat lainnya akan digelar awal tahun 2024.

    “Lagi kita susun (jadwal debat). Yang jelas kita sedang pas kan waktu, nanti lima kali kan debat capres-cawapres,” ujar August Mellaz, Kamis (23/11/2023) lalu.

    Sesuai dengan Pasal 50 PKPU Nomor 15 Tahun 2023, capres akan menjalani tiga kali debat. Sedangkan cawapres akan melakukan debat sebanyak dua kali.

    KPU juga mewajibkan capres dan cawapres hadir secara langsung dalam debat tanpa bisa diwakilkan.

    Capres atau cawapres yang tidak bisa hadir dalam pelaksanaan debat harus menyertakan alasan yang disampaikan sebelum pelaksanaan debat. (*)

    Reporter : Wetly

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan