Selasa, 21 Mei 2024
32 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriDinas PUPR Kota Kediri Rampungkan Proyek Strategis Hadapi Musim Hujan

    Dinas PUPR Kota Kediri Rampungkan Proyek Strategis Hadapi Musim Hujan

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Guna mengantisipasi resiko genangan dan banjir pada musim penghujan mendatang, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kediri merampungkan proyek pembangunan rehabilitasi sistem drainase perkotaan berupa uditch.

    Pada proyek ini, Dinas PUPR Kota Kediri memprioritaskan di sejumlah lokasi strategis seperti daerah pusat kota, perumahan padat penduduk, dan daerah yang memiliki riwayat rentan terhadap banjir.

    Pada tahun 2023 saja, ada sebanyak 35 Titik pembangunan drainase uditch di Kota Kediri. Salah satunya berlokasi di Jalan Sersan Suharmaji Gang SMAN 4 RW 5 Kelurahan Manisrenggo Kecamatan Kota Kediri.

    ” Pengerjaan drainase uditch di Kelurahan Manisrenggo telah kita mulai pengerjaanya sejak Juli 2023. Kini, saluran drainase tersebut telah rampung dengan menggunakan anggaran Rp 200 juta,” ujar Kepala Dinas PUPR Kota Kediri Endang Kartika Sari, melalui Kabid Binamarga, Made Permana, Kamis (16/11/2023).

    Baca juga :  Pemkab Kediri Gandeng HIPMI Perbanyak Peluang Usaha untuk Masyarakat

    Dia mengatakan pembangunan saluran drainase uditch ini dirasa akan sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, terutama di Kota Kediri. Sekaligus bertujuan menjaga masyarakat agar tetap aman, khususnya dari dampak musim penghujan.

    Untuk tahap awal, pekerjaan dimulai dengan penggalian tanah. kemudian, disusul dengan pemetaan pada titik yang sudah ditentukan oleh petugas di lapangan.

    Pemasangan saluran drainasenya uditch juga tidak ada hambatan oleh petugas, dengan memerlukan 90 hari untuk lama pengerjaanya.

    ” Saluran drainase dengan uditch ukuran lebar 60×60 meter dan Panjang 120 meter,” jelas Made.

    Lanjut kata Made, ia berharap agar kesadaran masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan, terutama ke dalam saluran drainase harus terus ditingkatkan.

    Baca juga :  Bupati Mas Dhito: Butuh Alat Bantu Mobilitas Disabilitas, Warga Bisa Usul ke Pemkab Kediri

    “Kita harus mendukung kerja keras Pemkot Kediri untuk mengatasi banjir dan mengurangi titik genangan air dengan tidak buang sampah sembarangan,” tutupnya. (*)

    Reporter : Moch Abi Madyan

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan