Kamis, 20 Juni 2024
26 C
Surabaya
More
    HeadlineLaunching Pengembangan Kawasan Organik Partisipatif Komoditas Perkebunan

    Launching Pengembangan Kawasan Organik Partisipatif Komoditas Perkebunan

    PASURUAN (Wartatransparansi.com) – Penjabat (Pj.) Bupati Pasuruan Andriyanto mengapresiasi agenda Launching Pengembangan Kawasan Organik Partisipatif Komoditas Perkebunan yang digelar di lapangan Desa Tambaksari, Kecamatan Purwodadi pada hari Kamis (3/10/2023).

    Menurutnya, hal itu merupakan berkah bagi Pemerintah Daerah. Terutama untuk peningkatan produktivitas petani Kopi yang banyak tersebar di kawasan sentra perkebunan Kopi di Kabupaten Pasuruan.

    Dengan perkebunan yang dapat dijumpai di delapan Kecamatan penghasil (Purwodadi, Purwosari, Prigen, Tosari, Tutur, Lumbang, Puspo, dan Pasrepan), komoditas Kopi di Kabupaten Pasuruan sangat potensial untuk terus dikembangkan.

    Terlebih, masing-masing Kecamatan memiliki citarasa dan kekhasan tersendiri. Baik jenis Robusta maupun Arabika.

    Dia menjelaskan program pengembangan kawasan organik partisipatif komoditas perkebunan yang merupakan bagian dari inovasi di bidang pertanian.

    Baca juga :  Langgar Gipo, Jejak Sejarah Ketua PBNU Pertama di Kalimas Udik Surabaya

    Andriyanto berharap program ini bisa berkelanjutan dan memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat. Khususnya bagi para petani Kopi organik agar lebih berkembang lagi dalam memajukan perkebunannya.

    “Inovasi itu sangat penting dan harus memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya di era disrupsi. Sebagus apapun juga, harus kita rawat agar tetap eksis dan berdampak. Maka, agenda launching hari ini sebagai bentuk inovasi di sektor pertanian harus benar-benar memberikan dampak bagi pengembangan perkebunan Kopi di Jatim,” kata pria berkacamata yang juga merupakan Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Provinsi Jawa Timur tersebut. (*)

    Reporter : Soejono Muhammad

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan