Kamis, 20 Juni 2024
26 C
Surabaya
More
    Olahraga27 Oktober GBT Diserahterimakan ke FIFA, Wali Kota Eri Siapkan Rute Shuttle 

    27 Oktober GBT Diserahterimakan ke FIFA, Wali Kota Eri Siapkan Rute Shuttle 

    SURABAYA (Wartatransparansi.com) – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi kembali meninjau GBT bersama jajaran perangkat daerah, kembali meninjau GBT untuk memastikan perbaikan minor di stadion berjalan lancar sebelum perhelatan Piala Dunia U-17 2023.

    Menurutnya, perbaikan minor bukan dari ketentuan FIFA. “Jadi ini memang pembenahan-pembenahan yang tidak menjadi item (rekomendasi) FIFA ya, kalau yang menjadi bagian dari item FIFA alhamdulillah sudah terselesaikan,” ujarnya.

    Eri juga mengungkapkan, akan melibatkan pegiat seni mural untuk melakukan beautifikasi di area stadion.

    “Saya juga meminta untuk melibatkan temen-temen yang suka mural, sehingga setiap menuju ke gate tadi dinding-dindingnya itu dimural. Sehingga stadion ini tampak nyaman, ramah ketika masuk ke dalam stadion,” ujarnya.

    Baca juga :  Stadion Tambaksari Surabaya jadi Venue Piala AFF U-19

    Perbaikan ini bukan sekadar untuk menambah kenyamanan penonton dan ofisial, akan tetapi juga untuk meningkatkan kualitas Stadion GBT. Setelah diperbaiki hingga menjadi nyaman, ia meminta masyarakat untuk turut serta menjaga Stadion GBT.

    Pada Rabu (11/10/2023) dan Jumat (13/10/2023), jajaran Pemkot Surabaya juga kerja bakti massal membersihkan bagian tribun dan sebagainya. “Tanggal 24 Oktober 2023 sudah harus clear, kemudian pada 27 Oktober GBT diserahkan kepada FIFA sehingga tidak boleh lagi ada yang masuk kecuali mendapatkan izin dari FIFA,” sampainya.

    Siapkan Rute Shuttle

    Eri juga mengatakan, akan menyiapkan rute shuttle menuju Stadion GBT untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan pada saat pertandingan. Dia mengaku sudah meminta Kepala Disbudporapar untuk menyiapkan shuttle tertentu yang digunakan untuk masuk ke area Stadion GBT.

    Baca juga :  Stadion Tambaksari Surabaya jadi Venue Piala AFF U-19

    “Kemarin ada persyaratan, yang (jalan) sebelah kanan itu untuk diaspal karena berdebu. Penentuan shuttle-nya masih kita hitung, kita tentukan titik-titiknya, kita akan sampaikan kepada PSSI dan FIFA. Setelah sepakat, maka titik itu yang akan kita gunakan. Kita juga akan sosialisasikan,” ujarnya.

    Eri mengungkapkan, rencananya rute yang akan dilalui oleh shuttle itu dari arah Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), Terminal Bungurasih, dan dari arah Romokalisari masuk ke Gresik.

    Rencananya, armada kendaraan yang akan digunakan untuk shuttle adalah Suroboyo Bus dan Semanggi Suroboyo. Apabila armada tersebut kurang untuk menampung penonton, Eri akan berkoordinasi dengan pemilik armada bus yang lainnya.

    Sementara itu, Kepala Disbudporapar Surabaya, Wiwiek Widayati menambahkan, Pemkot Surabaya telah melakukan beberapa perbaikan minor fasilitas di GBT. Salah satunya adalah perbaikan lahan parkir.

    Baca juga :  Stadion Tambaksari Surabaya jadi Venue Piala AFF U-19

    Perbaikan tersebut dilakukan di lahan parkir sisi utara dan selatan GBT. Saat ini perbaikan tersebut memasuki tahap pengaspalan. Setelah pengaspalan selesai, lahan parkir itu mampu digunakan untuk menampung sekitar 1.305 kendaraan roda empat. “Mudah-mudahan tanggal 20 Oktober 2023 sudah selesai,” ujarnya. (*)

    Reporter : Wetly

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan