Minggu, 19 Mei 2024
27 C
Surabaya
More
    LapsusMenuju Pilpres 2024Ketua DPW PAN Jatim : Ini Tiga Alasan Zulhas Dukung Prabowo

    Ketua DPW PAN Jatim : Ini Tiga Alasan Zulhas Dukung Prabowo

    SURABAYA (Wartatransparansi.com) – Ketua DPW PAN Jawa Timur, Ahmad Rizki Sadig menyatakan mendukung keputusan Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan yang mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden. Dimana di waktu dekat ini sinyal koalisi partai berlambang matahari ini mengarah mendukung Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

    “Atas nama Ketua dan Pengurus DPW PAN Jatim, kami menyatakan mendukung keputusan Ketua Umum Zulkifli Hasan, yang mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai calon presiden (Capres),” ujar Ahmad Rizki Sadig saat dihubungi, Minggu (13/8/2023) usai hadir ke acara deklarasi dukungan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat.

    Kata Rizki Sadig dalam keputusan dukungan kepada Prabowo Subianto belum tahu pasti sebenarnya. Sebab keputusan final, semuanya diserahkan ke Bapak Zulkifli Hasan (Ketua Umum PAN).

    “Standing awal PAN sebenarnya adalah mendorong Erick Tohir menjadi Cawapres, namun sepertinya hilal yang tampak adalah ke Prabowo,” ujar Rizki.

    Dia mengatakan, secara garis besar, DPW PAN Jatim menyarankan atau mengusulkan perihal Capres 2023 terutama setelah menyerap seluruh hasil Rakerda dan Rakerwil sejak tahun lalu. Termasuk Roadshow PAN Jatim terakhir ini yang digelar se-Jawa Timur. Sebab kewenangan koalisi tetap di tangan Ketua Umum Partai PAN, Zulkifli Hasan.

    “Kita (DPW Jatim) memberi mandat ke ketua umum membentuk koalisi, termasuk negosiasi ke semua pihak supaya bisa mencalonkan presiden dan wapres,” kata Rizki.

    DPW PAN Jatim, kata Anggota DPR RI Fraksi PAN ini setidaknya melihat tiga alasan yg menguatkan sinyal dukungan partainya ke Prabowo. Pertama, arah politik Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lantaran bagi mereka, endorse Presiden Jokowi efektif menaikkan elektabilitas Capres 2024.

    “Siapa dapat endorse Jokowi itu kemungkinan besar bisa menang Pilpres 2024. Karena itu, mesti pandai melihat gestur Jokowi. Meraba tanpa menyentuh. Merasakan tanpa bertemu muka. Ya harus bisa nggrayahi kemana arah politik Jokowi,” bebernya.

    Kedua, hasil survey nasional dan lokal menunjukkan trend peningkatan elektoral Prabowo dibandingkan kedua kandidat lainnya.

    “Pihaknya juga melihat dari beberapa hasil survey yang digelar di wilayah Jatim, seperti hasil survey terakhir yang disampaikan oleh Lab UMM, Prabowo ternyata menunjukkan lonjakan trend peningkatan signifikan di Jatim,” sambungnya.

    Ketiga, alasan kuat lainnya sinyal mengarah ke Prabowo karena figur Prabowo hari ini lebih dianggap merepresentasikan sosok yang mampu membangun Persatuan Indonesia.

    “Apalagi karena trauma atas pembelahan politik selama pilpres 2014 dan 2019 menjadi pelajaran penting untuk membangun persatuan, sebagaimana yang sudah ditunjukkan dua tokoh nasional seperti Jokowi dan Prabowo,” jabarnya.

    Namun, Rizki Sadig mengaku mendukung siapapun koalisi yang akan dibangun oleh partainya, pun jika Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengarah ke Prabowo Subianto, pasti akan didukung.

    PAN Jatim berharap elektabilitas Prabowo akan selaras dengan gerakan partai yang terus bekerja melakukan konsolidasi, serta fokus meraih kursi per dapil.

    “PAN Jatim akan terus menjaga eksistensi PAN dan peran seluruh kadernya agar tetap bisa berbuat dan memberi manfaat seluas luasnya kepada masyarakat,” tutupnya. (*)

    Reporter : Syafrudin B

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan