Jumat, 24 Mei 2024
31 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSidoarjoHebat !!! Mahasiswa Prodi AP Umsida Sukses Luncurkan 2 Website Inovatif untuk...

    Hebat !!! Mahasiswa Prodi AP Umsida Sukses Luncurkan 2 Website Inovatif untuk Desa Banjarbendo dan Desa Ketapang

    SIDOARJO (Wartatransparansi.com) – Lima mahasiswa dari program studi Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo telah mencetak prestasi membanggakan dengan menyelesaikan proyek Studi Independen Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Tahun 2023. Dalam proyek ini, mereka berhasil merancang dan mengembangkan dua website yang inovatif, yaitu Website Informasi Pelayanan Publik (WIPP) untuk Desa Banjarbendo, Kecamatan Sidoarjo, serta Website Calishop untuk Desa Ketapang, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo.

    Website Informasi Pelayanan Publik (WIPP) yang ditujukan untuk Desa Banjarbendo memiliki tujuan mulia dalam membantu para pegawai kantor desa yang bergerak di bidang pelayanan umum. WIPP menghadirkan layanan pelayanan publik berbasis daring yang memungkinkan masyarakat desa untuk mengakses dan mengurus berkas-berkas administratif melalui satu platform terpadu. Dalam website ini telah terintegrasi beberapa sistem penting di Kabupaten Sidoarjo, seperti Sipraja, Plavon Dukcapil, dan SPPT-PBB. Tak hanya itu, terdapat panduan lengkap bagi pengguna tentang tata cara penggunaan sistem pelayanan publik.

    Baca juga :  Rebut Hadiah 300 Juta, RT 24 Perumahan Magersari Permai Ikut Lomba RT Sehat

    Hary Putra Wibowo, Aparatur Pemerintah Desa Banjarbendo, yang turut hadir dalam acara peluncuran proyek ini menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi inisiatif mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dalam menciptakan Website Informasi Pelayanan Publik ini.

    “Inovasi ini akan sangat membantu para pegawai di bidang pelayanan umum di Desa Banjarbendo untuk lebih efisien dan efektif dalam melayani masyarakat. Semoga website ini dapat memberikan manfaat besar bagi kemajuan desa kami.” Ujar Hary.

    Sementara itu, Website Calishop hadir sebagai platform jual beli produk UMKM dari Desa Ketapang. Website ini memberikan akses untuk admin, penjual, dan pembeli. Peran admin di dalamnya sangat penting untuk mengontrol dan mengelola konten website, seperti menghapus produk UMKM yang tidak relevan dan merubah kategori produk.

    Baca juga :  Cerita Ijazah dan Doa Siswa Lulusan Terbaik

    Bagi pelaku UMKM, mereka dapat mendaftarkan diri dan nomor WhatsApp aktif, dan dengan mandiri memasukkan informasi produk mereka, termasuk nama produk, keterangan, dan jumlah produk yang tersedia.

    Ilmi Usrotin Choiriyah, Kaprodi Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, berbicara tentang Website Calishop ini, “Proyek ini bertujuan untuk mendorong perkembangan UMKM di Desa Ketapang dan mendukung perekonomian lokal. Dengan adanya platform ini, diharapkan penjual dan pembeli dapat terhubung dengan lebih mudah, memperluas jaringan bisnis, dan meningkatkan potensi penjualan produk UMKM secara keseluruhan,” terang Ilmi.

    Kehadiran dua website inovatif ini menunjukkan peran strategis mahasiswa dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan pemerintahan daerah.

    “Harapan besar tersemat untuk kedua website ini dapat memberikan manfaat nyata dan berkelanjutan bagi masyarakat di Desa Banjarbendo dan Desa Ketapang. Semoga proyek Studi Independen Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Tahun 2023 ini menjadi awal dari banyaknya inovasi-inovasi berharga lainnya dari para mahasiswa yang peduli terhadap pembangunan dan kemajuan masyarakat lokal,” pungkasnya. (*)

    Reporter : Nuriyah Maslahah

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan