Sabtu, 18 Mei 2024
30 C
Surabaya
More
    SultengJumat Curhat Dan Polisi RW Sarana Penyampaian Aspirasi dan Keluhan Warga

    Jumat Curhat Dan Polisi RW Sarana Penyampaian Aspirasi dan Keluhan Warga

    PALU (Wartatransparansi.com) – Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polresta Palu Kompol Romy. S. Gafur. SH. MH. menerangkan, banyaknya dan kompleknya persoalan yang terjadi dimasyarat secara otomatis menuntut Polri untuk meningkatkan kualitas kerja dan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk dapat memberikan respon cepat dari persoalan tersebut. Untuk itu diperlukan formula yang tepat dan cepat untuk merespon segalah persoalan itu.

    Program ‘Jumat Curhat’ merupakan salah satu solusi, program ini adalah bagian dari 10 program unggulan sebagai Quick Wins Presisi atau Prediktif, Responsibilitas, Transparansi, Berkeadilan. Ini merupakan program periodik Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang telah ditetapkan untuk dilaksanakan.

    Program ‘Jumat Curhat’ itu dapat digelar di sejumlah tempat, Kelurahan, Kecamatan dan di tempat umum hingga di warung kopi untuk mendengar langsung curhatan warga.
    Dalam pelaksanaannya, terdapat enam kegiatan yang difokuskan. Mulai dari tersedianya pengaduan dan pelaporan dengan pemanfaatan Hotline 110 dan melalui Whatsapp Satwil dan wajib disosialisasikan serta wajib direspons.
    “ Dalam Jum’at Curhat, masyarakat bisa melaporkan persoalan apa saja dan langsung direspon ditempat, “ jelas Kompol Romy, S Gafur SH MH
    Untuk di Kota Palu, program ‘Jumat Curhat’ dibuat dalam giat ‘ Santai Bareng Warga Bersama Kapolresta Palu.’ Melalui program tersebut Polisi akan bisa mengetahui kondisi masyarakat di lapangan yang kemudian menjadi acuan untuk meningkatkan pelayanan kepolisian.

    Selain mendengarkan keluhan masyarakat secara langsung dengan pendekatan humanis, kegiatan yang dikemas dalam ‘ Santai Bareng Warga Bersama Kapolresta Palu.’ini dilaksanakan untuk menciptakan situasi kamtibmas agar tetap tercipta keadaan aman dan kondusif.

    “ Sebagai contoh giat yang kami gelar di Kelurahan Buluri, respon warga dalam memberikan saran dan menyampaikan keluhan mereka terkait kendaraan truk pengangkut material pasir dan batu, mereka meminta agar dilakukan penertiban truk yaitu salah satunya dengan menggunakan penutup material berupa terpal agar bahan material itu tidak jatuh ke jalan yang dapat membahayakan pengendara lainnya . Dan kami pun merespon cepat keluhan tersebut “ kata Kompol Romy.

    Sementara program unggulan lain yang dapat menunjang program Jumat Curhat yakni keberadaan Polisi RW. Keberadaan Polisi RW kata Kompol Romy, seperti yang telah dijelaskan Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen. Pol. Fadil Imran bahwa, Polisi RW hadir sebagai wujud praktik pemolisian modern yang bermuara dari hulu, yaitu pencegahan kejahatan melalui pendekatan nyata dengan masyarakat.

    “ Polisi RW adalah semua anggota kepolisian yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal, bukan hanya bhabinkamtibmas seorang. Mereka akan bekerjasama menjalankan fungsi kontrol, menyerap aspirasi dan keluhan warga di tempat mereka tinggal saat ini. Seperti saya, di RW saya, saya sebagai polisi RW, “ ungkap Kompol Romy.

    Para Polisi RW diharapkan dapat berkomunikasi, menjalin silaturahmi, menjadi kawan, jembatan, komunikator, fasilitator serta tempat curhat bagi warga di sekitar tempat tinggalnya, untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan dan ketidaktertiban dalam masyarakat. demi meningkatkan Pemantapan Kinerja untuk Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat.Senin (19/6/2023). “ jelas Kompol Romy.

    “Jadi jika dibandingkan keberadaan Bhabinkamtibmas dengan seluruh kelurahan sejumlah 46 di kota palu dengan sekian banyak 301 RW maka keberadaan polisi RW bisa membantu mempermudah warga dalam menyalurkan dan menyampaikan keluhan serta saran,” Tutup Kompol Romy. (*)

    Reporter : Rahmad Nur

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan