Minggu, 19 Mei 2024
27 C
Surabaya
More
    SultengJelang Hari Bhayangkara Air Uwentira Digunakan Penyucian Panji-Panji Polri

    Jelang Hari Bhayangkara Air Uwentira Digunakan Penyucian Panji-Panji Polri

    PALU (Wartatransparansi.com) – Menjelang peringatan Hari Bhayangkara 1 Juli 2023, Polda Sulawesi Tengah menggelar Apel Tradisi pengambilan air suci yang berlangsung di Lapangan Polda Sulteng, Jalan Soekarno Hatta, Palu, Selasa (13/6/2023).

    Menariknya, air suci yang dipergunakan adalah mata air uwentira yang merupakan salah satu cagar alam sumber air suci yang dipercaya dari dulu mampu memberikan penghidupan khususnya bagi masyarakat sekitar serta bagi mahkluk hidup lainnya.

    “Kegiatan pengambilan air suci yang akan kita laksanakan pagi hari ini adalah sebuah tradisi untuk mengenang nilai-nilai luhur dan meningkatkan makna dari pada peringatan Hari Bhayangkara yang akan diperingati secara serentak pada tanggal 1 juli 2023,” kata Irjen Agus Nugroho saat membacakan amanatnya

    Menurut Agus Nugroho, apel tradisi pengambilan air suci ini diharapkan mampu menanamkan rasa kebanggaan bagi setiap anggota Polri terhadap institusi Polri dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “ Yang tidak kalah pentingnya rasa bangga sebagai insan Bhayangkara, dimana untuk bisa serta mempertahankan sebuah nama besar perlu adanya perjuangan dan pengorbanan, “ jelas Agus Nugroho.

    Ia menjelaskan, tujuan tradisi pengambilan air suci akan digunakan untuk pemuliaan pataka Polda Sulawesi Tengah atau Wira Dharma Brata.

    “ Selain dilaksanakan di wilayah Polda Sulawesi Tengah juga secara serentak dilaksanakan oleh seluruh Polda yang ada di Indonesia yang nantinya akan digabungkan menjadi air nusantara untuk digunakan dalam kegiatan pemuliaan panji-panji Tri Brata di Mabes Polri. “ ungkap Agus Nugroho.

    Selain itu kata Agus Nugroho, pengambilan air suci dari mata air ini akan mencerminkan seluruh insan Bhayangkara.

    “ Diharapkan mampu untuk menjadi seperti mata air yang mengalir, dengan filosofi memiliki pribadi yang pantang menyerah dan berpendirian teguh. Walaupun banyak rintangan yang menahan alirannya, ia akan terus menerus mencari jalan keluar sekecil apapun, sehingga ke depan Polri yang kita banggakan ini mempunyai tekad, semangat, motivasi dan dedikasi yang tinggi untuk melaksanakan tugas mengamankan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai, “ jelasnya

    Selanjutnya kata Agus Nugroho, air suci ini diharapkan mampu membersihkan diri dari semua kesalahan-kesalahan selama ini. “ Maupun dari berbagai tindakan yang tidak sesuai dengan harapan, yang menghambat, merusak serta merugikan nama baik satuan, “ harap Agus Nugroho

    Sementara itu, usai melaksanakan Apel, Agus Nugroho melepas iring-iringan kendaraan dinas Polda Sulteng yang akan melakukan prosesi pengambilan air suci dari mata air Uwentira di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

    “ Air Uwentira nantinya selain dipergunakan untuk penyucian pataka “Wira Dharma Brata” Polda Sulteng, juga akan dikirim ke Mabes Polri untuk digabungkan menjadi Air Nusantara dalam pelaksanaan tradisi penyucian panji-panji Polri. “ tutup Irjen Agus Nugroho Kapolda Sulteng (*)

    Reporter : Rahmad Nur

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan