Sabtu, 22 Juni 2024
31 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMojokertoJelang Ramadhan, Wali Kota Mojokerto Megengan Bareng Anak Yatim

    Jelang Ramadhan, Wali Kota Mojokerto Megengan Bareng Anak Yatim

    MOJOKERTO (WartaTransparansi.com) – Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menghadiri Megengan Bareng Anak Yatim yang digelar oleh Gerakan Pemuda (GP) Ansor di Kantor PC NU Kota Mojokerto, Surodinawan, Minggu (19/3) malam.

    Megengan termasuk salah satu tradisi menjelang hadirnya bulan Ramadhan, khususnya oleh warga Nahdliyin dari berbagai kelompok masyarakat, baik kalangan pesantren maupun bukan.

    “Ini menjadi momentum untuk menguatkan silaturahmi kita semua, untuk bersama-sama membangun keumatan dan Kota Mojokerto dari berbagai aspek kehidupan,”jelas Wali Kota Ning Ita.

    Masih katanya, ini berharap agar tradisi tersebut bisa terus dilestarikan di Kota Mojokerto. Sebab tidak hanya sebagai ajang silaturahmi, melainkan juga mengajarkan harmonisasi.

    Mengingat saat megengan, selain membaca tahlil dan doa bersama, masyarakat biasanya juga membawa asahan atau shadaqah makanan. Setalah tahlil dan doa bersama, makanan tersebut akan dinikmati bersama.

    Baca juga :  Pemkab Mojokerto Gelar Gus & Yuk Cilik 2024

    “Semua duduk bersama, makan bersama. Baik kyai, santri, wali kota ataupun warga, duduk bersama tidak ada lagi jabatan, kalao sudah Megengan,” tutur Ning Ita.

    Acara tersebut turut dimeriahkan oleh seni shalawat dan banjari. Selain pemberian santunan bagi anak yatim, juga terdapat doa bersama dan mauidhoh hasanah yang disampaikan oleh pimpinan Ponpes Nurul Huda, KH. Faqih Usman. (gia)

    Reporter : Gatot Sugianto

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan