Rabu, 24 Juli 2024
28 C
Surabaya
More
    OlahragaTundukkan Filipina 2-1, Indonesia Pastikan Runner Up Grup A Piala AFF 2022

    Tundukkan Filipina 2-1, Indonesia Pastikan Runner Up Grup A Piala AFF 2022

    MANILA (WartaTransparansi.com) – Timnas Indonesia memastikan satu tempat di semifinal Piala AFF 2022 setelah menang tipis 2-1 atas tuan rumah Filipina di pertandingan terakhir babak penyisiha Grup A di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023) malam WIB.

    Dengan kemenangan ini, tim asuhan Shin Tae-yong memiliki poin 10 dari tiga kali kemenangan dan satu kali imbang. Namun, posisi Indonesia hanya menjadi runner up Grup A klasemen akhir. Karena pada saat bersamaan Thailand menang 3-1 atas Kamboja. Thailand kini juga mengumpulkan nilai 10 dari tiga kali menang dan sekali imbang saat jumpa Indonesia.

    Hanya saja, Thailand unggul dalam agregat gol, karena sebelumnya mereka menundukkan Filipina 4-0 dan mengalahkan Brunei 5-0. Di pertandingan terakhir yang digelar di Bangkok, Senin malam menundukkan Kamboja 3-1 sekaligus membuat Kamboja pun gagal menggusur Indonesia.

    Baca juga :  Pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri Remehkan Kamboja

    Bermain di kandang lawan, skuad Garuda sempat kesulitan di awal laga, utamanya karena lapangan yang menggunakan rumput sintetis. Namun, timnas Indonesia berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-21 melalui gol tandukan Dendy Sulistyawan.

    Dendy Sulistyawan menanduk bola ke dalam gawang Filipina setelah meneruskan lemparan ke dalam Pratama Arhan. Sayangnya, tiga menit setelah gol Dendy, Indonesia kehilangan Nadeo karena cedera. Sang kiper kemudian digantikan oleh Syahrul Trisna Fadillah. Pada pengujung babak pertama, tepatnya menit ke-43, Timnas Indonesia menggandakan keunggulan lewat gol Marselino Ferdinan.

    Marselino menjebol gawang Filipina usai bekerja sama one two dengan Saddil Ramdani. Gol Marselino memastikan Indonesia memimpin 2-1 atas Filipina sampai turun minum.

    Baca juga :  Etape 3 Kuras Tenaga Sejauh 175,3 KM

    Namun, pada menit ke-83, gawang Indonesia akhirnya jebol akibat sundulan Sebastian Rasmussen. Pada menit-menit akhir, timnas Indonesia mendapat tiga peluang emas, tetapi terbuang percuma.

    Sebagai runner up grup A, Indonesia masih akan menunggu pemenang pertandingan di Grup B yang digelar Selasa (3/1/2023). Untuk Sementara Vietnam menduduki puncak klasemen disusul Singapura dan Malaysia. Hanya saja, duel Singapura vs Malaysia akan sangat menentukan siapa yang berhak mendampingi Vietnam di babak semifinal nanti. Singapura hanya butuh seri lawan Malaysia untuk lolos ke babak semifinal yang akan dimulai 6 Januari 2023 nanti. (sr)

     

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2023 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan