Senin, 22 Juli 2024
31 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaPMI Gandeng Disnaker Jatim untuk Memenuhi Kebutuhan Darah di Surabaya

    PMI Gandeng Disnaker Jatim untuk Memenuhi Kebutuhan Darah di Surabaya

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) –  Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya menggandeng Disnaker Jatim untuk memenuhi kebutuhan darah di Kota Surabaya. Kerja sama ditandai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di ruang pertemuan Sawunggaling, Pemerintah Kota Surabaya, Sabtu (17/9/2022).

    “Saya berharap, dengan kerja sama ini maka kebutuhan darah di Kota Surabaya bias terpenuhi untuk semua golongan darah,” kata Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi.

    Dikatakan, kerja sama dilakukan, karena Disnaker Jatim membawahi seluruh tenaga kerja di Jawa Timur. Dengan harapan, para tenaga kerja semakin banyak mendonorkan darahnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Jawa Timur, Himawan Estu Bagijo mengatakan, pihaknya terus melaksanakan tugas terkait dengan kesehatan dan keselamatan kerja. Karenanya, PMI menjadi pendukung yang sangat luar biasa untuk seluruh komponen dan stakeholder.

    “Maka kami dorong untuk melakukan donor darah bagi pekerja. Pertama, terdeteksi apakah pekerjanya sehat atau tidak. Kedua, ketika karyawan sehat maka produktivitas mereka akan tinggi dan perusahaan akan menerima keuntungan dari pekerja yang sehat. Dan ketiga,  kita ingin membangun kesadaran bahwa kalau tubuh kita sehat maka mari memberikan bantuan kemanusiaan,” kata Himawan.

    Baca juga :  Kisruh di PWI Pusat, Puluhan Wartawan Jatim Tuntut KLB

    Selain itu, pihaknya tengah bersinergi dengan PMI, terkait program-program kesehatan dan keselamatan kerja untuk melakukan audit diperusahaan.

    Harapannya, melalui sinergitas dan kolaborasi tersebut, mampu membangun sistem keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

    “Terima kasih PMI, saya selaku Kadisnaker Jatim akan membawa PMI berkeliling ke seluruh Jatim sambil membangkitkan spirit di tingkat lokal. Ini sebagai contoh anak-anak muda, pekerja, dan perusahaan di Jawa Timur untuk memiliki kepedulian,” ucapnya.

    Sedangkan Ketua PMI Kota Surabaya, Hendro Gunawan mengatakan, target pendonor darah telah mencapai target. Yakni mencapai 12 ribu dalam satu bulan. Sebab, saat dua tahun yang lalu saat penanganan Covid-19, para pendonor hanya mencapai 6.000 sampai 8.000 pendonor.

    “Jadi pendonor yang telah melakukan donor sukarela 50 kali pada tahun 2021 akan diberikan pada 2022 dan diberikan oleh Pemkot Surabaya,” katanya.

    Baca juga :  Imigrasi Tanjung Perak Segera Membuka Imigrasi Lounge di Icon Mall Gresik

    Penghargaan

    Di tempat yang sama, Wali Kota Eri memberikan penghargaan kepada 425 pendonor darah sukarela yang telah membantu PMI Kota Surabaya. Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari (PMI) ke – 77 Tahun 2022 dan Pemberian Penghargaan kepada Donor Darah Sukarela 50 kali oleh Wali Kota Surabaya.

    Terdapat beberapa kategori pehargaan yang diberikan. Pertama, kategori pendonor darah sukarela sebanyak 50 kali yang diserahkan secara simbolis. Kedua, pemberian penghargaan kepada karyawan yang telah mengabdi selama 35 oleh Ketua PMI Kota Surabaya Hendro Gunawan yang disaksikan Wali Kota Eri.

    Kategori ketiga, adalah pemberian penghargaan kepada karyawan yang telah purna tugas oleh Ketua PMI Kota Surabaya Hendro Gunawan yang disaksikan Wali Kota Eri.

    Kategori keempat, adalah pemberian penghargaan kepada penggerak donor darah oleh Wali Kota Eri kepada Kepala Disnaker Jatim Himawan Estu Bagijo, Ketua Harmonis Surabaya Club Totok Sudarto, dan warga Kecamatan Dukuh Pakis Kota Surabaya Siti Rodiah.

    “Alhamdulillah hari ada 425 dari pendonor darah yang sudah mendonorkan darahnya sebanyak 50 kali. Sehingga, pada hari PMI yang ke – 77, memberikan Satya Lencana Kebaktian Sosial sebagai tanda terima kasih dari Pemkot Surabaya kepada warga yang telah mendonorkan darahnya,” ujarnya.

    Baca juga :  Baktiono: Tanah Fasum Itu Milik Pemkot Surabaya

    Menurut Eri, hal ini menjadi contoh kepada seluruh warga Kota Surabaya dengan memberikan penghargaan itu merupakan bukti bahwa masyarakat di Kota Pahlawan memiliki rasa kemanusiaan.

    “Karena dengan hal ini, masyarakat telah menunjukkan sifat kemanusiaan dan hal ini patut kita contoh,” ujarnya.

    Bantuan Kemanusiaan

    Sementara itu, Eri juga menerima berbagai bantuan kemanusiaan untuk membantu kegiatan operasional PMI Kota Surabaya.

    Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Direktur SDM PT. Pelabuhan Indonesia Terminal Peti Kemas Edi Priyanto, dan Direktur PT. Matahari Sakti.

    “Alhamdulillah ada dua bantuan dari Pelindo dan PT. Matahari Sakti, ini menunjukkan bahwa semua pihak dan seluruh stakeholder yang ada di Kota Surabaya juga memiliki rasa kemanusiaan yang sangat tinggi, sehingga membantu pergerakan PMI di Kota Surabaya dan semoga meningkatkan kinerja PMI bagi warga Kota Surabaya terkait dengan kebutuhan darah,” harapnya. (*)

    Reporter : wetly

    Sumber : WartaTransparansi

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan