Sabtu, 22 Juni 2024
28 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaGandeng Ormas MKGR, DPD Pengajian Al Hidayah Jatim Gelar Donor Darah

    Peringati 1 Muharam dan HUT Kemerdekaan RI ke 77

    Gandeng Ormas MKGR, DPD Pengajian Al Hidayah Jatim Gelar Donor Darah

    SURABAYA (Wartatransparansi.com) – Aksi donor darah dan bagi sembako dalam rangka memperingati hari besar Islam 1 Muharam dan HUT Kemerdekaan RI ke 77 di gelar DPD Pengajian Al Hidayah  Jawa Timur dan DPD Ormas MKGR Jawa Timur, di Cito Mall Surabaya, Sabtu (13/8/2022).

    Kegiatan tersebut juga di dukung Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unair dan Palang Merah Indonesia (PMI) Sidoarjo. Ada 150 pedonor antri sejak pagi. Mereka adalah undangan panitia, namun ternyata cukup banyak pengunjung Mall yang mampir, lalu ikut berdonor.

    Ketua DPD Ormas MKGR Provinsi Jawa Timur Dr. Kodrat Sunyoto, SH, Msi menyampaikan terima kasih atas tingginya respons masyarakat dalam kegiatan donor darah. Mereka kami yakini datang tidak karena sembako, sebab saya lihat sendiri setelah berdonor dikasi sembako malah tidak mau. “Ini luar biasa,” ucap anggota DPRD Jawa Timur Dapil Gresik-Lamongan ini.

    Baca juga :  Pemkot Surabaya Ganti Kendaraan Kepala OPD dengan Tenaga Listrik Sistem Sewa

    Ketua DPD Ormas MKGR dua periode itu menjelaskan, penyelenggaraan ini merupakan kegiatan pengamalan panca moral MKGR. Selain Ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, juga cinta sesama manusia. Karena itu dengan donor darah dan pemberian sembako sebagai bentuk karya nyata.

    Gandeng Ormas MKGR, DPD Pengajian Al Hidayah Jatim Gelar Donor Darah
    Aksi kemanusiaan “donor darah dan bagi sembako meriahkan peringatan 1 Muharam dan HUT Kemedekaan RI ke 77 tahun 2022

    Sementara itu, Ketua DPD Al Hidayah Jawa Timur Dr. Hj. Esa Wahyu Endarti, SH,Msi mengatakan, ide dasar ini berasal dari Al Hidayah. “Salah satunya di bidang kesehatan dan pengabdian masyarakat yang mengadakan kegiatan aksi sosial donor darah dan pembagian sembako.

    “Saat kami komunikasikan dengan teman teman dari MKGR, ternyata disambut dan juga ada suport dari teman lainnya seperti IKA Unair dan sebagainya,” ungkapknya.

    Baca juga :  Wali Kota Eri Jadikan Pasar Karah sebagai Pasar Percontohan

    Menurut Esa Wahyu, pihaknya berharap kegiatan sosial semacam ini bisa dilakukan reguler. Dengan demikian aksi-aksi yang dilakukan menunjukkan bahwa Al Hidayah tidak hanya melulu mengadakan pengajian. “Rencananya saat memperingati Maulid Nabi nanti, kita juga akan mengajak beberapa rekan untuk menggelar khitanan masal,” tambahnya.

    Soal peserta donor darah, diakuinya cukup banyak. Baik dari Al Hidayah, MKGR maupun masyarakat umum yang terlibat.

    Gandeng Ormas MKGR, DPD Pengajian Al Hidayah Jatim Gelar Donor Darah
    Peserta donor darah di City Of Tomorrow Surabaya pagi tadi berlangsung meriah dan sukses. (foto/transparansi/amin)

    Seperti disampaikan oleh Didi Priambudi, warga Jalan Raya Menganti, Wiyung Surabaya ini, terdorong ingin membantu orang lain melalui donor darah. Dan, kesempatan itu terbuka saat Ormas MKGR Provinsi Jawa Timur mengadakan di Cito Mall Surabaya.

    Baca juga :  Jumlah Hewan Kurban Capai 434.843 Ekor, Indikasi Ekonomi Masyarakat Jatim Meningkat

    Mahasiswa semester V di salah satu Universitas di Surabaya, mengaku donor darah ini untuk kali ke 4. Sedangkan untuk vaksinasi sudah ke 3 kali.

    “Saya dukung aksi kemanusiaan seperti ini karena memang diperlukan,” kata dia saat ditemui di lokasi donor.

    Hal senada juga diungkapkan oleh Toyib Affandi asal Genteng. Dia mengaku baru sekali ini ikut donor darah. Semoga makin sehat. (sr/min)

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2022 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan