Jumat, 12 Agustus 2022
25.7 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSurabayaEri Didapuk Perankan Bung Karno di Film Dokumenter Garapan TVRI

    Eri Didapuk Perankan Bung Karno di Film Dokumenter Garapan TVRI

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) –
    Wali Kota Eri Cahyadi didapuk untuk memerankan Bung Karno dalam film dokumenter perjuangan Presiden RI pertama, Ir. Soekarno. Film garapan TVRI bareng Pemkot Surabaya yang berlatar Kota Pahlawan tersebut, rencananya ditayangkan pada 13 Agustus 2022, sekaligus menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-77.

    Eri mengatakan, TVRI akan membuat film dokumenter yang dimulai saat Bung Karno dilahirkan, kembali ke Kota Surabaya untuk tinggal bersama di indekos HOS Tjokroaminoto, memperdalam agama Islam, hingga menikah dengan putri sulung HOS Tjokroaminoto.

    “Ini gayung bersambut, karena pemkot juga tengah membuat museum Rumah Bung Karno di Jalan Pandean dan di rumah HOS Tjokroaminoto di Jalan Peneleh, sekaligus Museum Siola, dan Rumah Kebangsaan yang akan kami buat di seberangnya Museum Pendidikan,” kata Eri di Balai Kota, Kamis (28/7/2022).

    Ia menjelaskan, kerja sama dengan TVRI sekaligus untuk menghimpun film dokumenter perjuangan Pahlawan Nasional dari Kota Surabaya yang telah dibuat oleh TVRI untuk mengisi konten yang ada di museum Kota Surabaya. Harapannya, agar Arek-Arek Suroboyo bisa lebih mudah memahami semangat dan tetesan darah dari para pejuang Kota Surabaya.

    Baca juga :  Pemkot Gandeng dan Libatkan Tomas untuk Cegah Kekerasan dan Pelecehan Anak di Surabaya

    “Karena Bung Karno lahir di Kota Surabaya, pencipta lagu Kebangsaan Indonesia Raya dari Surabaya, penggerak Budi Utomo dari Surabaya, Bung Tomo yang menggerakkan semangat perjuangan juga dari Surabaya. Bahkan, saat Resolusi Jihad pencipta lagu dan lambang Nahdlatul Ulama (NU) juga berasal dari Surabaya,” jelas dia.

    Menurut Eri, para pejuang Kota Surabaya yang menumpahkan darah dan semangat untuk merebut, serta mempertahankan Kemerdekaan Negara Indonesia adalah darah dari para nasionalis dan religius. “Itu yang akan kami angkat dengan TVRI, kami kerja sama dalam bentuk film dokumenter. Nanti Arek Suroboyo ketika masuk ke Museum Rumah Bung Karno atau tempat bersejarah, bisa lebih memahami bagaimana para Pahlawan kita merebut kemerdekaan dari para pemenang,” terang bersemangat.

    Baca juga :  Jelang PD U-20, Pemkot Surabaya Pasang Geomembran Redam Bau Sampah GBT

    Menariknya, Eri mengaku didapuk menjadi aktor yang akan memerankan Tokoh Bung Karno. Yaitu, saat adegan Bung Karno menghadiri penerimaan gelar Honoris Causa (HC) ke 25 untuk dirinya pada tahun 1964 di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung.

    “Saya ini sejak kecil sudah mengidolakan sosok Bung Karno. Maka tanpa sadar, kebijakan seperti program padat karya yang saya ambil dari bukunya Ir. Soekarno. Yaitu, bagaimana beliau melibatkan masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan dan kesialan,” imbuhnya.

    Karenanya, ia mengajak seluruh warga Kota Surabaya untuk bersama-sama mengembalikan sejarah tempat kelahiran Bung Karno. Menunjukkan bahwa Kota Pahlawan merupakan tempat pertumpahan darah para pejuang yang ingin memerdekakan Bangsa Indonesia.

    Kalau dulu Bung Karno, HOS Tjokroaminoto, Bung Tomo, Budi Utomo berjuang melawan untuk merebut kemerdekaan, berarti semangat, kebersamaan dan gotong-royong dari api perjuangan harus kita teruskan untuk melawan, kekesalan, dan nyeri. Semangat ini yang kita ambil dari film yang akan dibuat oleh TVRI,” tukasnya.

    Baca juga :  Semarak Pesta Rakyat dan Lomba Perahu Layar di THP Kenjeran

    Sementara itu, Kepala Stasiun TVRI Jawa Timur Asep Suhendar mengatakan, masyarakat Indonesia bisa menyaksikan film dokumenter Bung Karno pada 13 Agustus 2022. Sebab, film tersebut akan menjadi salah satu produk elektronik andalan dari TVRI.

    “Dari 30 stasiun siaran di Indonesia, TVRI mengangkat Ir. Soekarno karena beliau bukan hanya sebagai tokoh nasional, melainkan telah menjadi tokoh dunia yang berasal dari Kota Surabaya dan diharapkan Surabaya juga bisa ikut mendunia,” kata Asep.

    Untuk merepresentasikan Tokoh Bung Karno, Asep mengaku bahwa TVRI memilih Wali Kota Eri Cahyadi untuk memerankan tokoh tersebut. Ia menilai, bahwa sosok Eri merupakan salah satu pemimpin muda yang memiliki semangat untuk memajukan kesejahteraan masyarakat di Kota Surabaya.

    “Beliau di mata kami adalah sosok yang luar biasa, pemimpin luar biasa dari Surabaya. Beliau memiliki semangat yang luar biasa dan masih muda juga. Kami pikir sangat pas untuk memerankan tokoh Ir. Soekarno,” tandasnya. (*)

    Reporter : wetly

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan