Rabu, 30 November 2022
27.2 C
Surabaya
More
    Politik PemerintahanBayu Airlangga Jabat Wakil Ketua Bidang Ekonomi Kreatif dan UMKM

    Bayu Airlangga Jabat Wakil Ketua Bidang Ekonomi Kreatif dan UMKM

    SURABAYA (Wartatransparansi.com) – Menghadapi tahun politik 2024 mendatang, DPD Partai Golkar Jawa Timur dibawah kepemimpinan M. Sarmuji dan Sekretaris Sahat Tua Simanjuntak melakukan revitaliasi pengurus. Tujuannya untuk mengoptimalkan semua bidang agar kedepan target Pemilu tercapai yakni sukses Pilpres, Pileg dan Pilkada Kabupaten/kota.

     Di rapat pleno siang tadi, saya sudah umumkan sekaligus mengenalkan wajah baru yakni Mas Bayu (Bayu Airlangga, red) yang sebelumnya berlabuh Partai Demokrat, sekarang bergabung Partai Golkar,” kata M. Sarmuji di sela sela acara FGD (Forum Group Discussion) di Kantor Golkar Jatim, Selasa (21/6/2022) malam.

    Bayu menjabat sebagai Wakil Ketua DPD Golkar Jatim Bidang Ekonomi Kreatif dan UMKM.

    FGD Golkar Jatim mengundang dua nara sumber Dr. Soekarwo Watimpres RI dan Dr. Hadi Sulistyo MSi. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jawa Timur. Tema yang diangkat Kesiapan Indonesia dan Jawa Timur menghadapi Krisis Pangan Global.

    Baca juga :  Survei ARCI PARPOL Jatim Golkar Peringkat Empat

    Sarmuji menjelaskan, Bayu sudah resmi masuk Golkar dan jadi pengurus Golkar Jatim. Jadi tugas Bayu cukup berat, karena isu UMKM tren dan kita memang harus mendekati pelaku UMKM dan ekonomi kecil, supaya mereka bisa berdaya dan meningkat kelasnya. Nanti Bayu juga akan fokus di digital marketing.

    Golkar memberi beban ke Bayu Airlangga untuk bisa menjangkau UMKM di seluruh Jatim. Beban itu diharapkan Sarmuji bisa dijalankan Bayu dengan baik.

    “Target tentu kita memberi beban supaya Bayu bisa mengakses seluruh UMKM di Jatim, sekaligus membuka akses pemasaran, pelatihan bahkan mungkin membuka pintu permodalan, kita melanjutkan program kerja kemarin. Kita punya galeri Golkar sekitar binaan 2.000 mudah-mudahan itu bisa dibina dan dikuatkan, saya optimis Bayu bisa,” jelasnya.

    Sarmuji juga menyebut, pengangkatan Bayu sebagai Wakil Ketua merupakan revitalisasi pengurus yang dilakukan Golkar Jatim. Selain Bayu, juga ada sejumlah nama yang masuk menjadi pengurus Golkar Jatim.

    Baca juga :  Adhy Karyono, Produk Perikanan Jatim Sumbang 30 Persen Nasional

    “Pengurus cukup banyak dirombak, karena banyak pengurus rangkap jabatan. Revitalisasi ini tidak merubah target, kita tetap target 3 besar di DPRD Jatim sekitar 17 kursi, dan sudah kita petakan di dapil mana saja. Mudah-mudahan bisa tercapai dan terlampaui. Kalau DPR RI, kita berharap ada tambahan 2-3 kursi,” tegasnya.

    Sementara Bayu mengaku akan terus turun ke pelaku UMKM khususnya di daerah pelosok. Sebab, banyak kendala pelaku UMKM di pelosok yang kesulitan memasarkan produknya.

    “Saya diumumkan hari ini jadi wakil ketua bidang UMKM, saya akan berusaha maksimal dalam mencari suara dan menggaet suara di bidang UMKM. Saat ini banyak pegiat UMKM di desa yang kesusahan karena tidak memiliki jaringan internet. Ke depan Golkar ingin masuk tingkat ke desa, di mana banyak pegiat UMKM butuh bantuan khususnya soal jaringan di pelosok,” kata Bayu.

    Baca juga :  Adhy Karyono, Produk Perikanan Jatim Sumbang 30 Persen Nasional

    “Saya rasa produk yang mereka jual itu bisa bersaing dengan perkotaan. Kendala jaringan internet memang kadang menjadi kendala mereka. Ketika nanti bisa bersinergi dengan pemprov dan pusat, potensi mereka bisa berkembang, termasuk soal permodalan, kita upayakan,” sambungnya.

    Bayu berharap, di bidangnya ia bisa menggaet banyak pelaku UMKM di generasi milenial. “Mudah-mudahan sampai 2024 kami bisa menggaet suara di generasi milenial yang bekerja di sektor UMKM,” tandasnya.

    Pada Selasa malam itu, Bayu Airlangga juga hadir dalam acara FGD (Focus Group Discussion) yang digelar Partai Golkar Jatim di Kantor Golkar Jl. A. Yani.

    Selain itu juga hadir Sekretaris Golkar Jatim Sahat Tua Simanjuntak, Ketua Fraksi Golkar DPRD Jatim Blegur Prijanggono, anggota DPRD Jatim asal Golkar Kodrat Sunyoto, Pranaya Yudha, wakil ketua Heri Sugihono dan sejumlah pengurus Golkar Jatim. (min)

    Reporter : Amin Istighfarin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan