Selasa, 16 April 2024
33 C
Surabaya
More
    Jawa TimurPasuruanMenakar Bupati Pasuruan, Sarang Tawon Di Kepung Banteng - Garuda (Part 6)

    Menakar Bupati Pasuruan, Sarang Tawon Di Kepung Banteng – Garuda (Part 6)

    PASURUAN (WartaTransparansi.com) – Kian hari figur cabub-cawabup Kab.Pasuruan semakin terang-terangan menampilkan diri pada publik, guna memperkenalkan diri serta slogan juga visi-misinya.

    Seperti yang tersebar di dunia maya, dimana Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf pada kesempatan tertentu dan dihadapan Muslimat NU Kab.Pasuruan menyanyikan lagu “Aku Bukan Jodohnya” telah digubahnya, yang pada intinya menitipkan Gus Mujib Imron (Wabup Incumben) pada masyarakat menjadi penggantinya di pilkada Kab. Pasuruan 2024 mendatang.

    Mendapati video yang berdurasi 1 menit 10 detik, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf menitipkan Gus Mujib. Beberapa pengamat politik mengatakan setidaknya secara implisit menegaskan bahwa PKB Kab.Pasuruan akan mengusung Gus Mujib Imron Pengasuh Ponpes Al Yasini bertarung pada Pilkada Kab.Pasuruan 2024 mendatang (Cabup), walaupun hingga saat ini pada posisi cawabup masih di taraf penjajakan pada tokoh politik yang ada untuk disandingkan dengannya. Diantaranya tokoh politik yang akan disandingan dengan Gus Mujib dari unsur internal PKB sendiri setidaknya ada nama Sudiono Fauzan, Danil (putra Abah Jusbakir), Samsul Hidayat dan Sobri Asrori. Sementara dari tokoh politik external diantaranya Rusdi Sutejo (Gerindra), Udik Djanuantoro (Golkar), Muzamil Syafi’i (Nasdem) atau sejumlah tokoh agama dari unsur Nadhatul Ulama (NU) baik PC NU Bangil atau PC NU Kab.Pasuruan.

    Baca juga :  Bocah 5 Tahun Tewas di Sungai Kemambang-Pagak-Beji

    Dari sejumlah analisa politik yang berkembang saat ini, tampaknya PKB yang telah mendorong dan mengusung Gus Mujib menjadi Calon Bupati (Cabup) Pasuruan cukup kesulitan untuk mencari sosok pendampingnya (Cawabup) dari jalur external. Bahkan dari sejumlah kabar yang berhembus di kalangan parlemen (DPRD Kab Pasuruan), sosok Ketua DPRD Kab.Pasuruan Sudiono Fauzan digadang mendampingi Gus Mujib. Namun Kang Dion (sebutan akrab) Ketua DPRD tampaknya enggan berada di posisi ke 2 atau N2. Prediksi keengganan yang berkembang tersebut, lantaran Kang Dion telah berpengalaman menjadi Ketua DPRD dua periode dan elektabilitasnya semakin hari menunjukan trend positif. Bahkan kabar yang terupdate di kalangan politisi, Sudiono Fauzan lebih baik memilih tetap dijalur legislatif daripada harus bertarung di Pilkada akhir 2024. Sementara itu kader potensial Mas Danil, Samsul Hidayat, Sobri Asrori masih dalam incaran PKB sebagai alternatif jika Kang Dion tak ingin bertarung.

    Baca juga :  H+1, 3000 Mobil Pribadi Singgah Rest Area KM 66A Tol Pandaan-Malang

    Sedangkan radar PKB menggandeng kader external yakni Rusdi Sutejo (Gerindra),Udik Djanuantoro dan Muzamil Syafi’i dari sejumlah info yang berkembang menyebutkan masih terus dilakukan komunikasi politik secara intens. Namun demikian, para ketua partai tersebut masih akan menerima lamaran PKB setelah pelaksanaan Pileg 2024 selesai alias melihat perolehan kursi di Pileg.

    Komunikasi politik yang di bangun PKB untuk kepentingan Pilkada 2024 dengan sejumlah parpol diparlemen, setidaknya tak akan berjalan mulus seperti sebelumnya. Sebut saja PDIP – Gerindra setidaknya telah memberikan signal akan membangun koalisi bersama di Pilkada mendatang, untuk menconter keperkasaan PKB selama ini. PDIP dan Gerindra Kab.Pasuruan sendiri memiliki kader muda milienal dan potensial yakni Mufti Anam (anggota komisi VI DPR-RI) dan Rusdi Sutejo (Wakil Ketua DPRD Kab.Pasuruan).Belum lagi dengan keberadaan KH.Sobri Sutroyono Ketua PC NU Bangil yang juga digadang-gadang masyarakat wilayah Pasuruan barat untuk bergabung bersama Mufti bertarung melawan calon bupati dari PKB (Gus Mujib). Dari prediksi perhitungan politik, jika Mufti bersanding dengan KH.Sobri Sutroyono pada Pilkada mendatang. Maka Gerindra, Nasdem,PPP atau biasa di sebut “Si Peci” akan bergabung dalam gerbong PDIP, mendukung Mufti-Sobri (MURI).

    Baca juga :  Hendak Berlebaran Ke Malang, Mobil Elf Dari Bojonegoro Terbakar

    Kurun waktu selama 2 tahun mendatang, jika tidak dioptimalkan PKB Kab.Pasuruan dalam konstentasi Pilkada Kab.Pasuruan mendatang dengan mempersiapkan kader yang mumpuni untuk bertarung dengan calon muda milenial dan potensial yang diusung PDIP-Gerindra. Maka tak menutup kemungkinan sarang tawon di pohon beringin akan roboh di seruduk banteng dan dipatuki paruh garuda bersama bala koalisinya.(hen)

    Reporter : Henry 'Ki Demang' Sulfianto

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan