Jumat, 19 April 2024
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriSelama 14 Hari, Pasar Hewan Muning Kota Kediri akan Ditutup

    Selama 14 Hari, Pasar Hewan Muning Kota Kediri akan Ditutup

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Pertanian (DKPP) akan melakukan penutupan terhadap pasar hewan muning yang berlokasi Kelurahan Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto.

    Penutupan sementara pasar tersebut telah
    dilakukan sosialisasi kepada sejumlah pedagang. Langkah ini merupakan upaya pencegahan penularan virus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

    Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner pengolahan dan pemasaran Dinas Ketahanan pangan dan pertanian Kota Kediri, drh. Pujiono, mengatakan, dikarenakan di sejumlah wilayah sekitar Kota Kediri telah melakukan penutupan sementara, maka pihaknya melakukan upaya penutupan sementara pasar hewan muning. Meskipun hingga saat ini belum ditemukan adanya kasus PMK.

    ” Penutupan sementara ini bertujuan untuk mengendalikan, kalau di Kota Kediri hingga saat ini belum ada laporan mudah mudahan dengan kebijakan ini bisa meminimalisir resiko penularan,” ucapnya, Kamis (26/5/2021)

    Baca juga :  Arus Balik Lebaran 2024, Sejumlah Stasiun Daop Madiun Masih Tinggi

    Lanjut, drh. Pujiono, upaya lain selain penutupan sementara yakni pembatasan transportasi pasokan hewan ternak dari luar daerah bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kota Kediri dan jajaran Polres Kediri Kota, khususnya dari daerah yang telah dinyatakan terjangkit PMK.

    Kemudian sosialisasi dan kunjungan ke sejumlah tempat peternakan di wilayah Kota Kediri juga akan dilakukan mengingat dua bulan lagi, memasuki Idhul Adha.

    ” Semoga wabah PMK ini segera berakhir sebelum Idhul Adha, namun kita nanti akan tetap berupaya memperbanyak kunjungan ke sentra peternakan baik sapi dan kambing selain edukasi melalui brosur, pamflet, media sosial secara langsung untuk menanggapi keluhan dan aduan masyarakat,” urainya.

    drh. Pujiono juga menambahkan, rencana penutupan pasar hewan oleh Pemerintah Kota Kediri akan dilakukan selama 14 hari kedepan

    Baca juga :  Operasi Ketupat Berjalan aaman dan Lancar di Wilayah Hukum Polres Kediri

    ” Keputusanya dilakukan selama 14 hari. Mulai tanggal 28 Mei sampai tanggal 10 Juni 2022. Tapi pas adanya pasaran (aktifitas perdagangan pasar.red) pada tanggal 12 Juni 2022,” ungkapnya.

    Terpisah, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Kota Kediri, Ali Mansur, menjelaskan, permohonan penutupan sementara Pasar hewan muning tersebut telah diajukan ke Walikota Kediri dan disetujui. tidak hanya itu DKPP Kota Kediri juga telah melakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait antara lain Polres Kediri Kota, TNI, PD pasar, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Perdagangan Kota Kediri.

    Meski surat edaran dari PD Pasar Kota Kediri belum keluar, namun hasil informasi waktu rapat pasar hewan akan ditutup sementara mulai 28 mei sampai 10 juni 2022.

    Baca juga :  Operasi Ketupat Berjalan aaman dan Lancar di Wilayah Hukum Polres Kediri

    ” Kemarin sore info Bapak Kepala Dinas DKPP dan Walikota Kediri sudah setuju penutupan, rencana ini telah disosialisasikan ke Pasar Hewan Muning tadi pagi,” paparnya.

    Berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak terkait, Ali Mansur mengaku belum ditemukan kasus virus PMK pada hewan di Kota Kediri. Meski begitu, pihaknya tetap berupaya agar wabah tersebut tidak menyebar di Kota Kediri dengan cara pencegahan terus di perketat dan tingkatkan salah satunya dengan menutup sementara operasional Pasar Hewan. (abi)

    Reporter : Moch Abi Madyan

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan