Senin, 8 Agustus 2022
24 C
Surabaya
More
    Jawa TimurPasuruan129 Sepeda Motor Brong & Balap Liar, Disita Polantas

    129 Sepeda Motor Brong & Balap Liar, Disita Polantas

    PASURUAN (WartaTransparansi.com) – Sebanyak 129 motor yang digunakan balap liar telah di amankan oleh petugas Polres Kabupaten Pasuruan. Ratusan motor itu di sita dari sejumlah lokasi, salah satunya di depan rumah makan Cianjur Pandaan.

    Lalu di sepanjang jalan Taman Safari Indonesia (TSI) Sukorejo. Kemudian di depan Alun-alun Bangil dan di wilayah Kecamatan Purwosari serta Kecamatan Kejayan.

    Adapun dalam kegiatan razia saat itu dilakukan oleh petugas Kepolisian pada tanggal 2 April sampai 21 April 2022. Dalam razia tersebut melibatkan sebanyak 50 personil yang tergabung satuan Lantas, Reskrim, Sabara, Sat Narkoba dan didampingi Propam. Tentunya kegiatan razia balap liar ini dilaksanakan untuk penertiban,” kata AKP Yudhi Anugrah Putra pada Media, Jumat (22/04/2022).

    Baca juga :  Arumi Bachsin, Pabrik Berkontribusi Cegah Stunting

    AKP Yudhi menegaskan saat ini kendaraan sudah di amankan dan di tahan di Polres Pasuruan. Tapi kendaraan bisa diambil setelah lebaran dan sebelumnya harus melalui sidang. Sehingga para pemilik kendaraan dapat kembali lagi mengambil kendaraanya setelah lebaran nanti. Ini dilakukan biar ada efek jerah.

    Masih menurutnya, bagi pemilik kendaraan yang mengambil motornya terlebih dahulu diwajibkan mengembalikan motornya ke bentuk standartnya. Selain itu yang punya kendaraan wajib membuat surat pernyataan yang di tanda tangani orang tua masing-masing dan berjanji tidak akan mengulangi balap liar lagi dan bersedia menyerahkan kenalpot brongnya dengan suka rela untuk di musnahkan,” paparnya.

    Lebih lanjut AKP Yudhi menyampaikan, untuk jumlah kendaraan yang kena razia dan di amankan sebanyak 129 kendaraan. Dimana kendaraan yang diamankan itu disinyalir memakai kenalpot brong dan tidak dilengakapi surat kendaraan.

    Baca juga :  Tilap Uang Covid-19, Kades Dan Bendahara Desa Kemirisewu Divonis 3Tahun Penjara

    Hal ini nantinya akan dikenakan pasal 285 ayat 1 junto pasal 106 ayat 3 dan pasal 48 dan ayat 2 dan ayat 3, pasal 988 ayat 1 junto 106 ayat 5 hutuf A. Dan juga peraturan mentri lingkungan hidup RI nomor 56 kajian hukum tahun 2018.

    Mengenai balap liar yang sudah kami amankan ini merupakan hasil pengaduan masyrakat yang merasa terganggu selama menjelang buka puasa dan menjelang saur. Untuk itu kami terus melakukan penertipan lalu lintas kendaraan di seluruh wilayah Kabupaten Pasuruan. Bagi kendaraan yang memakai kenalpot brong atau tidak mempunyai surat kendaraan, akan kami tilang,” terangnya.(tam/hen)

    Reporter : Henry Sulfianto

    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan