Sabtu, 28 Mei 2022
25 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMojokertoDiskominfo Kab. Mojokerto Gelar Pelatihan DEA

    Diskominfo Kab. Mojokerto Gelar Pelatihan DEA

    MOJOKERTO (WartaTransparansi.com) – Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati melalui Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) Kabupaten Mojokerto, menyelenggarakan pelatihan DEA (Digital Entrepreneurship Acara Pengelolaan Keuangan bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), di hotel Ayola, Kota Mojokerto Senin, (21/3/2022).

    Upaya ini dimaksudkan agar mampu meningkatkan skill para UMKM di Kab. Mojokerto dalam hal penguasaan dunia digital, sehingga bisa berpengaruh terhadap peningkatan usahanya.

    Kepala Diskominfo Kabupaten Mojokerto, Ardi Sepdianto menjelaskan, terselenggaranya pelatihan tersebut, Diskominfo Kab. Mojokerto bekerja sama dengan BPSDMP Kominfo (Badan Pengembangan Sumbar Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika) Surabaya. Adapun pesertanya sebanyak 100 pelaku UMKM yang menyebar di Kabupaten Mojokerto.

    “Masing- masing terdiri dari 50 peserta dari UMKM dan 50 peserta dari dari Ibu Rumah Tangga yang mau berwirausaha. Pelatihan kilat ini, berlangsung selama dua hari, mulai hari ini, Senin (21/3/2022) hingga Selasa (22 Maret 2022).

    Baca juga :  Wali Murid SDN Minta Oknum DPRD Jadi Tersangka Dugaan Pemalsuan ISBN buku LKS

    Menurut Ardi Sepdianto, dengan diadakan pelatihan DEA (Digital Entrepreneurship Academy) Pengelolaan Keuangan ini, diarapkan peserta yang terdiri pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Kab. Mojokerto mampu bersaing dengan media digital untuk pengembangan usahanya sekaligus mampu mengelola manajemen keuangan dengan tepat.

    Secara terpisah, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, pihaknya bersyukur ada program dari kementerian Kominfo yang dilaksanakan di Kabupaten Mojokerto. Karena dengan pelatihan semacam ini, mampu memberikan pengetahuan yang sedang tren di era digital saat ini.

    Menurut Bupati, pelatihan DEA pengelolaan keuangan digital ini, bisa meningkatkan skill para UMKM dalam hal penguasaan di dunia digital, sehingga bisa berpengaruh terhadap peningkatan usahanya.

    Baca juga :  Gubernur Jatim : Peran Guru Sangat Penting Membentuk SDM Siswa Berkualitas

    “Mau tidak mau memang sekarang ini pasar digital merupakan salah satu peluang besar yang harus segera kita tangkap yakni merupakan bagian dari upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19, termasuk juga menyesuaikan dengan perubahan pasar yang juga semakin marak penggunaan dari pasar digitalnya,”jelas Ikfina Fahmawati.

    Masih kata, Ikfina Fahmawati, untuk menangkap peluang dalam meningkatan kapasitas dan keterampilan penguasaan digital dibidang usaha, Orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto ini akan bekerjasama dan membuat MOU dengan Kementerian Kominfo.

    “Kita akan tangkap itu, kita akan luaskan, tidak hanya pada usaha mikro kecil, tetapi juga dibidang-bidang lain, termasuk di bidang pemerintahan, juga di tenaga kerja yang baru, memang semuanya harus kita update skillnya terkait dengan penguasaan teknologi informasi,” tukas Bupati.

    Baca juga :  Wali Murid SDN Minta Oknum DPRD Jadi Tersangka Dugaan Pemalsuan ISBN buku LKS

    Sementara itu, Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya, Eka Handayani menyampaikan, Digital Talent Scholarship adalah program beasiswa pelatihan talenta digital yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan daya saing SDM di bidang teknologi Informasi mendukung transformasi digital dan peningkatan ekonomi digital Indonesia menuju Industri 4.0.

    “Dalam program pelatihan ini BPSDMP Kominfo Surabaya sudah bekerjasama dengan berbagai universitas ternama di Indonesia,” jelasnya.

    Untuk Skema program pelatihan ini, Lanjut Eka, pihaknya akan menyesuaikan dengan kebutuhan kabupaten Mojokerto, yakni yang dibutuhkan kali ini adalah pelatihan DEA atau digital kewirausahaan,” terangnya.

    Hadir juga, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya, Kepala Diskominfo Kabupaten Mojokerto Ardi Sepdianto, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Abdullah Muktar dan Kepala Disperindag Kabupaten Mojokerto Iwan Abdilah. (gia)

    Reporter : Gatot Sugianto
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan