Senin, 29 November 2021
26.1 C
Surabaya
More
    Jawa TimurPasuruanSingkirkan 760 Peserta, Yulinda Wakili Kab.Pasuruan Tingkat Nasional

    Singkirkan 760 Peserta, Yulinda Wakili Kab.Pasuruan Tingkat Nasional

    PASURUAN (Warta Transparansi.com) – Kabupaten Pasuruan saat ini boleh berbangga, khususnya pada MA (Madrasah Aliyah) NU Sunan Giri, Kecamatan Prigen.

    Hal ini lantaran Yulinda Anisa Azhara(17) siswa kelas XII sekolah setempat, berhasil menyingkirkan 760 pelajar MA (peserta) dari seluruh Indonesia pada ajang pemilihan Duta Harmoni 2021 yang diselemggarakan oleh Kementerian Agama.

    Yulinda setidaknya saat ini masuk dalam 50 peserta terbaik tingkat nasional.

    Ajang pemilihan Duta Harmoni itu sendiri digelar oleh Kemenag RI untuk mencari dan mencetak kader harmoni atau duta moderenisasi beragama.

    Pada ajang kali ini pemilihan Duta Harmoni bertemakan “Duta Hebat Bermartabat,Moderat dan Anti Korupsi”.

    Perjuangan Yulinda dalam mengikuti ajang ini dimulai dari bulan Juni lalu. Ia berhasil menyingkirkan 760 peserta dan kemudian masuk 50 peserta terbaik. Prestasi itu didapatinya dengan penuh perjuangan yang tak mudah.

    Baca juga :  Sering Mampet, Ratusan Pelanggan PDAM Putus Jaringan Sendiri

    Mulanya, ia ditunjuk pihak sekolah untuk mengikuti kompetisi yang digelar Kemenag RI tersebut. Ia tidak sendirian. Ada rekannya yang juga menjadi wakil sekolah.

    Keduanya mendapatkan tugas untuk menggaungkan moderasi beragama yang mengedepankan nilai Budi Pekerti, Budaya dan Bahasa (B3).

    Adapun bentuknya berupa video aksi. Dalam pembuatan vidio aksi tersebut, ia bekerja sama dengan pihak Yayasan Kaliandra di Prigen.

    Prestasi membanggakan Yulinda, diketahui pada Senin (21/11/2021) saat diterima oleh Andri Wahyudi wakil ketua DPRD Kab.Pasuruan.

    Pada kesempatan tersebut Yulinda yang didampingi guru dan kepala sekolah, meminta doa restu agar bisa membawa nama Kabupaten Pasuruan dalam ajang bergengsi siswa Madrasah Aliyah tingkat nasional.

    Baca juga :  Tersebar Dokumen Dugaan Gratifikasi Pokir DPRD Kab.Pasuruan

    “Alhamdulilah atas support dan doa restu keluarga dan para guru serta teman-teman semua. Saya berhasil masuk 50 peserta terbaik,” ucap Yulinda gadis belia asal Desa Watuagung, Kecamatan Prigen

    Pada kesempatan itu, siswi  kelas XII MA NU Sunan Giri-Prigen menyampaikan, saat ini saya memohon doa restu dari seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Pasuruan untuk kembali berkompetisi pada babak ketiga yang akan diselenggarakan di Bogor pada 24 – 27 Nopember mendatang dan menjadi 5 peserta terbaik,”pintanya.

    Sementara itu Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Andri Wahyudi mengatakan,” apa yang telah diraih oleh Yulinda adalah sebuah pretasi yang patut diapresiasi.Karena telah memberikan kebanggaan untuk Kabupaten Pasuruan.

    Dengan prestasi yang telah diraihnya ini, setidaknya telah memberikan pemahaman pada khayalak umum bahwa siswa/siswi Madrasah Aliyah ( SMA sederajat) tidak hanya belajar pada studi keagamaan semata.

    Baca juga :  Camat Beji Ngawur, Ijinkan Giat Kerumunan Massa Dimasa PPKM Level 3 Sepihak

    Namun juga diberikan ilmu pengetahuan tentang teknologi atau keilmuan lainnya sesuai perkembangan jaman.

    Selain itu,yang patut menjadi kebanggaan tersendiri yakni Yulinda merupakan siswi Madrasah Aliyah (MA) swasta yang mewakili Kabupaten Pasuruan dan Jawa Timur pada ajang Duta Harmoni tingkat nasional.

    Dimana ia berhasil menyingkirkan wakil dari Madrasah Aliyah Negeri dan Madrasah Negeri Insan Cendikia (MAN IC). Hal ini bisa menginisiasi siswa lainnya, tak harus bersekolah di negeri saja yang bisa berprestasi.

    ” Kami seluruh anggota DPRD dan masyarakar Kab.Pasuruan memberi doa restu dan mengucapkan selamat berjuang untuk menjadi yang terbaik, dan membawa nama Kab.Pasuruan di tingkat nasional,”pungkas politisi asal PDIP. (hen)

    Reporter : Henry Sulfianto
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan