Selasa, 26 Oktober 2021
29 C
Surabaya
More
    OpiniTajukSelamat dan Sukses PON XX Prestisius Papua “Torang Bisa”
    Oleh : Djoko Tetuko, Pemimpin Redaksi Wartatransparansi

    Selamat dan Sukses PON XX Prestisius Papua “Torang Bisa”

     

    Api obor Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 dengan penyelengaraan 2-15 Oktober 2021 di bumi Cendrawasih Papua, mulai hari ini secara resmi dinyalakan sebagai pertanda kompetisi dalam berbagai cabang olahraga (cabor) dan nomor pertandingan digelar.

    Rutinitas pergelaran PON dari awal penyelenggaraan ketika masih berlangsung di Karesidenan Surakarta, seperti tidak ada sesuatu yang baru dari zaman ke zaman.

    Tetapi PON XX 2020 Papua, telah menjawab semua keraguan ketika berbangsa, bernegara, beragama, berolahraga, juga bersatu menjaga marwah anak bangsa, terlewati dengan sejumlah pertandingan mengawali dengan selamat dan sukses.

    Tuan rumah Kontingen Provinsi Papua mengawali dengan perolehan medali emas di cabor terbang layang nomor ketepatan mendarat putra. Bersamaan dengan api PON mulai dinyalakan sebagai penyelamat dan penyemangat seluruh atlet. Dinyalakan dari sebagian bumi Cendrawasih di Sorong.

    Prestisius dan penuh kemajemukan dalam “Kebangsaan” yang sangat kuat juga bermartabat, karena PON XX Papua mampu menjawab tantangan zaman bahkan berhasil memimpin di depan zaman. Mampu mewujudkan kegamangan seluruh anak bangsa dengan menjadi bangga dan penuh keyakinan “Torang Bisa”.

    Kita Orang Bisa (Torang Bisa) terjawab sudah bahwa Indonesia Timur dengan (kemungkinan) pembangunan sarana dan prasarana olahraga dibangun begitu megah serta standar internasional makin terwujud. Bahkan mendapat pujian sebagai venue terbaik. Selain itu sekedar sebuah catatan;

    Pertama, sarana dan prasarana pertandingan alhamdulillah Tim Kementerian PUPR mampu mewujudkan sesuai dengan harapan. Bahkan menjadi venue standar internasional.

    Kedua, pada masa pandemi Covid-19 dengan protokol kesehatan cukup ketat. Dengan mengacu pada Olimpiade Tokyo 2020 dua bulan yang lalu berhasil dilalui dengan sehat dan tetap bermartabat. Semua insyaAllah kuat dan hebat bahkan terhormat.

    Ketiga, keraguan sejumlah pihak soal keamanan. Bahkan hingga PON berlangsung pada pertandingan awal masih terjadi baku tembak antara TNI dan Polri dengan Teroris KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata), juga Alhamdulillah berhasil diredam dengan baik.

    Keempat, pemerataan penyelengaraan PON secara nasional dari Sabang sampai Merauke sudah terwujud (walaupun Sabang baru pada PON XXI 2024 mendatang, PON Sumut – Aceh). Tetapi Sumatera Utara sudah pernah menggelar PON sejak zaman Orde Lama.

    Kelima, suasana kompetisi sejati pada pertandingan olahraga dengan menjunjung tinggi sportivitas dan bersaingan murni, berlangsung dengan penuh percaya diri.

    Inilah PON XX penuh dengan sensasi, penuh dengan tantangan berarti, penuh dengan uji nyali. Tetapi Alhamdulillah dapat teratasi karena keyakinan dan kepercayaan diri seluruh anak negeri. Selamat dan sukses PON XX Prestisius Papua “Torang Bisa”.

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan