Rabu, 22 September 2021
33 C
Surabaya
More
    HeadlinePerubahan Paradigma Pembinaan Prestasi Olahraga Harus Sungguh-sungguh
    Oleh : Djoko Tetuko, Pemimpin Redaksi Wartatransparansi

    Perubahan Paradigma Pembinaan Prestasi Olahraga Harus Sungguh-sungguh

     

    Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dalam diskusi virtual Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang bertema “Bangun Nasionalisme dan Kebersamaan” di Jakarta, Senin (13/9/2021), menyambut gelaran
    olahraga PON XX Papua menggaungkan perubahan paradigma dalam pembinaan prestasi olahraga nasional menuju prestasi internasional.

    Menpora Amali menegaskan, salah satu perubahan paradigma pembinaan prestasi olahraga, ialah
    membentuk sikap-sikap positif kebaikan yang dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

    Bahkan, paradigma yang memandang ajang olahraga sebelah mata, harus diubah. Dimana peran dan fungsinya bukan hanya ajang prestasi, tapi lebih besar lagi pembawa dampak positif dan pembentukan karakter atau sikap setiap anak bangsa masyarakat dalam kegiatan sehari-hari.

    Menpora Amali menyebutkan, ada
    lima sikap yang akan didapatkan oleh setiap individu kala menekuni olahraga dalam jangka waktu tertentu. Antara lain; Pertama, adalah disiplin, kerja keras, sportifitas, kerja sama, dan optimis.

    Baca juga :  Tiga Fokus PMI Jatim Perkuat Kehidupan Normal Baru

    Dimana sikap disiplin yang akan didapatkan kala seseorang menekuni cabang olahraga (Cabor) tertentu. Sikap ini, akan otomatis didapatkan ketika seorang tersebut melakukan latihan atau pembinaan terhadap olahraga tersebut.

    Sikap ini akan ditanamkan oleh pelatih kepada setiap orang yang dibina untuk Cabor tertentu. Tujuannya, latihan yang dilakukan dalam kurun beberapa waktu ke depan dapat membuahkan hasil membanggakan di setiap ajang kompetisi.

    Kedua, olahraga dapat membuat seseorang mendapatkan karakter atau sikap kerja keras. Kondisi dapat dilakukan, karena dalam olahraga setiap individu dituntut melakukan kerja keras untuk mendapatkan hasil optimal dalam pertandingan Cabor.

    Dengan bekerja keras dalam setiap latihan yang digelar secara rutin dalam beberapa waktu tertentu akan membawa hasil terbaik.

    Baca juga :  Masalah Limbah, Ketua DPD RI Dorong Inovasi Masker Ramah Lingkungan

    Kemudian, bekerja keras dalam setiap laga pertandingan akan membuahkan kemenangan dalam setiap laga kompetisi.

    Bahkan, siap menerima kemenangan maupun kekalahan tanpa menimbulkan konflik. Dengan mengaplikasikan sikap ini dalam kehidupan sehari-hari tentunya akan membawa dampak yang positif bagi kehidupan.

    Keempat, karakter kerja sama. Sikap ini akan terbentuk kala melakukan setiap olahraga dalam kompetisi yang digelar. Kerja sama dibutuhkan dalam mengoptimalkan upaya menang dalam kompetisi di atas.

    Sikap ini akan terbangun, karena sebaik-baiknya kualitas seseorang individu harus mampu menjalin kerja sama tim. Dengan begitu, kemenangan ketika mengikuti suatu kompetisi akan benar-benar dapat diwujudkan.

    Kelima. dalam olahraga akan mengajarkan setiap individu menjadi karakter yang optimis dalam menghadapi setiap tantangan. Rasa optimis dalam mengalahkan tantangan akan membuat keahlian olahraga semakin meningkat secara signifikan.

    Baca juga :  Ning Ita Prioritaskan Pendidkan Dengan Program Merdeka Belajar

    Hal ini, dibuktikan oleh atlet Paralimpiade Tokyo 2020 yang beberapa waktu membawa sembilan medali. Seluruh atlet, memandang bahwa rasa optimis harus dibangun terus menerus tanpa henti, demi mengoptimalkan daya dalam merebutkan setiap medali yang diperlombakan.

    Inti dari perubahan paradigma bahwa setiap pembinaan olahraga, harus dilandasi niat positif membangun karakter dan dengan kontinyu melakukan latihan sebaik-baiknya. Juga mau bekerja sama bersatu sebagaimana konsep gotong royong dengan landasan sportivitas. Dari sentuhan itu akan melahirkan prestasi besar.

    Oleh karena itu, perubahan paradigma prestasi olahraga nssional harus sungguh-sungguh. Sehingga melahirkan prestasi besar level dunia. “Man Jadda wa Jada” (Siapa bersungguh-sungguh dapat hasil sungguh menyenangkan),

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan