Selasa, 26 Oktober 2021
29 C
Surabaya
More
    OpiniTajukJatim Menuju Zona Hijau, Kehidupan Normal Baru
    Oleh : Djoko Tetuko, Pemimpin Redaksi Wartatransparansi

    Jatim Menuju Zona Hijau, Kehidupan Normal Baru

     

    Provinsi Jawa Timur jika perkembangan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) semakin membaik dibanding dengan data per tanggal 7 September 2021, maka harapan menuju zona hijau dan kehidupan normal baru dengan protokol kesehatan (Prokes) tetap ketat dan disiplin tinggi bersama virus Corona, tinggal menjaga Prokes ketat dan imun kuat.

    Rabu (8/9/2021), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui instagram menyatakan bahwa berdasarkan hasil assesmen yang dirilis Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bahwa salah satu daerah Jatim sudah menembus Level 1 dan pertama di Jawa, yaitu Kabupaten Lamongan.

    Gubernur Khofifah meminta agar masyarakat tidak lengah, dan tetap disiplin menerapkan Prokes khususnya memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, serta menjaga jarak.

    Bahkan, memohon warga bersyukur diikuti kewaspadaan dan disiplin Prokes yang ketat. Dan menyampaikan terima kasih atas kerja keras semua pihak.

    Diketahui, posisi Jatim sendiri PPKM Level 1, yakni Kabupaten Lamongan. Yang menjadi daerah pertama dengan status PPKM Level 1.

    Sedangkan Level 2 dan Level 3 juga mengalami penambahan jumlah daerah. Sedangkan Level 4 kini tinggal 2 daerah.

    Level 2 sebanyak 16 kabupaten/kota yaitu ; Tuban, Sumenep, Situbondo, Sidoarjo, Sampang, Probolinggo, Pasuruan, Pamekasan, Kota Surabaya, Kota Pasuruan, Gresik, Jember, Bondowoso, Bojonegoro, Banyuwangi dan Bangkalan.

    Sementara Level 3 sebanyak 19 kabupaten/kota yaitu ; Tulungagung, Trenggalek, Pacitan, Ngawi, Nganjuk, Mojokerto, Malang, Madiun, Lumajang, Kota Probolinggo, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Blitar, Kota Batu, Kediri, Jombang dan Blitar. Serta sebanyak 2 daerah yang kini menyisakan masih Level 4, yakni Ponorogo dan Magetan.

    Memperkuat posisi Jatim saat ini dan lebih baik lagi ke depan, supaya mampu melanjutkan trend sangat menggembirakan saat ini, maka membutuhkan segera koordinasi Gubernur bersama Forkopimda Jatim dan seluruh Bupati/Wali Kota bersama Forkopimda menyamakan persepsi Prokes ketat, vaksinasi, dan kehidupan normal baru bersama Covid-19.

    Oleh karena itu, menuju kegiatan masyarakat seperti biasa dengan tradisi dan budaya kesehatan serta keselamatan baru, terutama untuk kebangkitan seluruh kegiatan masyarakat dan memulihkan ekonomi lokal dan nasional. Tidak ada pilihan lain kecuali tetap Prokes ketat dan imun kuat.

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan