Minggu, 17 Oktober 2021
26 C
Surabaya
More
    Politik PemerintahanEmpat Layanan RSUD Dr. Soetomo Diresmikan 

    Empat Layanan RSUD Dr. Soetomo Diresmikan 

    SURABAYA (WartaTransparansi.com) Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan berbagai pelayanan  RSUD Dr. Soetomo Surabaya, Jumat.

    Fasilitas yang diresmikan meliputi Ruang Isolasi Khusus (RIK) 7, Ruang Wijaya Kusuma yang merupakan ruang VIP bagi pasien covid-19,  Optimalisasi Pusat Pelayanan Jantung Terpadu (PPJT), dan Obgyn Clinic Graha Amerta. 

    Peresmian tersebut, ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan rangkaian melati oleh Gubernur Khofifah yang didampingi Plh Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono, serta Dirut RSUD Dr. Soetomo Surabaya Joni Wahyuhadi. 

    Gubernur Khofifah meninjau langsung dan berbincang dengan  tenaga kesehatan yang berada di RIK 7 RSUD Dr. Soetomo. Kemudian memecahkan kendi di depan mobil ambulance  layanan PPJT sebagai tanda telah  dioperasikannya layanan tersebut. 

    Gedung RIK 7 memberikan layanan perawatan intensive care sebanyak 29 bed, dan ruang isolasi bertekanan negatif sekitar 200 bed. Dengan adanya penambahan bed di RIK 7, sehingga total bed layanan Covid-19 di RSUD Dr. Soetomo saat ini sebanyak 745 bed. Ruang Wijaya Kusuma digunakan untuk Perawatan VIP-VVIP Covid-19 dengan kapasitas 6 ruang perawatan. 

    Untuk mobil layanan PPJT digunakan untuk optimalisasi PPJT disebut juga Chest Pain Unit Soetomo yang diperuntukkan bagi pasien jantung. Jadi, jika seseorang mengalami nyeri dada mendadak, bisa menghubungi RSUD Dr. Soetomo melalui aplikasi. 

    Selanjutnya pasien akan dijemput menggunakan ambulans yang alkesnya lengkap untuk menangani pasien jantung. 

    Sementara pelayanan keempat yang diresmikan Gubernur Khofifah yaitu Obgyn Clinic Graha Amerta. Dimana, poliklinik kandungan ini bisa melayani ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19. 

    Seusai meresmikan, Khofifah mengapresiasi empat pelayanan kesehatan yang diinisiasi RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Menurutnya, dengan adanya inovasi pelayanan-pelayanan ini menunjukan bahwa RSUD Dr. Soetomo tetap tangguh dan tumbuh di tengah Pandemi Covid-19. 

    “Hari ini kita meresmikan empat pelayanan di RSUD Dr. Soetomo. Ini sesuai dengan spirit Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI bahwa RSUD Dr. Soetomo terus memberikan ketangguhan dan terus tumbuh di tengah kondisi yang tidak mudah saat pandemi,” ungkapnya. 

    Lebih lanjut disampaikan Khofifah, pelayanan ini juga diinisiasi sebagai bentuk kesiapsiagaan Pemprov Jatim. Meskipun BOR ICU Covid-19, Isolasi Covid-19, RS Darurat Covid-19, dan Rumah Observasi semuanya dalam kondisi menurun.

    Tetapi ini sebagai kesiapsiagaan. Kita berdo’a dan berihtiar semoga pengendalian covid-19 dapat dimaksimalkan dan kasusnya terus menurun. (*)

    Reporter : Teguh Safrianto
    Penulis :
    Editor : Amin Istighfarin
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan