Rabu, 27 Oktober 2021
30 C
Surabaya
More
    OpiniTajukPPKM Diperpanjang, Kompetisi Liga 1 Mundur Lagi
    Oleh : Djoko Tetuko, Pemimpin Redaksi Wartatransparansi

    PPKM Diperpanjang, Kompetisi Liga 1 Mundur Lagi

     

    Kebijakan Pembukaan Mall dan Perdagangan dengan Prokes Ketat Sangat Tepat sekaligus Jadi Obat

    Menjelang HUT Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, masa pandemi Covid-19 ternyata belum bersahabat, Pemberlakuan Pembatasan Kegitaan Masyarakat (PPKM) masih diperpanjang hingga 16 Agustus 2021.

    Walaupun sudah ada uji coba pembukaan Mall di empat kota besar Jakarta, Surabaya, Semarang dan Bandung, tetapi bukan berarti otomatis sudah normal kembali secara menyeluruh.

    Namun kebijakan pembukaan Mall, bisnis dan perdagangan terutama di level UMKM dengan memperbelakukan Prokes dan sertifikat vaksinasi, sangat tepat. Bahkan insyaAllah sekaligus menjadi obat karena menambah semangat

    Memang pembukaan Mall masih sebatas uji coba dengan persyaratan pengunjung sudah divaksin dan wajib pakai masker, serta kapasitas Mall hanya terisi 25 persen. Namun uji coba model apapun pasti akan menyenangkan karena dunia perdagangan sudah mulai operasional.

    Kabar kurang menggembirakan justru dari dunia olahraga. Dimana Kompetisi Liga 1 dan 2, jika sebelum perpanjangan PPKM direncanakan digelar 20 Agustus 2021, mundur (sementara) 27 Agustus 2021.

    Samoga tidak mundur lagi, karena menyesuaikan dengan perkembangan penanganan dan pencegahan Covid-19. Sebab jika mundur lagi dan mundur lagi. Dapat terjadi seperti peristiwa Kompetisi 2019/2020, menunggu tanpa kepastian dan klub-klub mengalami kerugian tidak sedikit.

    Pelatih Persebaya Aji Santoso mengaku sudah memprediksi ada kemungkinan penundaan. Namun Aji menilai keputusan itu sudah cukup fair. Dengan begitu, klub yang belum melakukan latihan bisa melakukan persiapan.

    Selain itu, sistem kompetisi dan penjelasan teknis maupun ketentuan Prokes juga belum diberikan standar operasional prosedur (SOP) atau tata tertib selama kompetisi berlangsung pada masa pendemi Covid-19.

    Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali telah mengumumkan jika Liga 1 2021/2022 ditunda menjadi 27 Agustus 2021.
    Penundaan tersebut telah melalui koordinasi semua pihak termasuk PT. Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dengan pertimbangan PPKM kembali diperpanjang.

    Menpora mengatakan PSSI tidak keberatan dengan penundaan kick off Liga 1 2021/2022. Menpora pun menyerahkan hal-hal teknis penyelenggaraan kepada PT. LIB dan PSSI.

    Diketahui, Pemerintah kembali memutuskan untuk memperpanjang penerapan PPKM Level 4, 3 dan 2 hingga 16 Agustus mendatang.
    Perpanjangan ini berdasarkan sebagian besar indikator utama dalam Penerapan PPKM Level 4 pada periode 3-9 Agustus 2021, mengalami perbaikan dibandingkan PPKM periode sebelumnya.

    Data menunjukkan bahwa penurunan jumlah rata-rata kasus. Dimana Kasus Konfirmasi Harian (turun dari 37.037 menjadi 31.991 kasus), tingkat Kasus Aktif (16.41% menjadi 13.88%), penurunan rata-rata jumlah Kematian Harian (1.752 menjadi 1.611), peningkatan jumlah Kesembuhan (80.86% menjadi 83.23%), penurunan Positivity-Rate (24.66% menjadi 23.55%), dan penurunan BOR RS Rujukan Covid-19 (63.42% menjadi 54.77%).

    Senin (9/8/2021)
    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam Konferensi Pers Evaluasi dan Penerapan PPKM, menyatakan, secara nasional, tren Kasus Konfirmasi Harian selama Agustus ini mulai mengalami penurunan, kalau dibandingkan data terakhir di 9 Agustus dengan data pada 1 Agustus lalu, terjadi penurunan 16.19%.

    Semua Provinsi di Jawa mengalami penurunan, namun Bali mengalami sedikit kenaikan 1.95%.
    Sedangkan di luar Jawa-Bali terdapat 10 Provinsi yang mengalami tren penurunan. Total kasus aktif di luar Jawa Bali masih mengalami sedikit peningkatan dibandingkan 1 Agustus, yaitu sebesar 1.23% menjadi 208.337 kasus aktif per 9 Agustus 2021.

    Walaupun sudah mulai terjadi sedikit penurunan kasus, namun Pemerintah sangat hati-hati dan memilih untuk mewaspadai potensi terjadinya lonjakan kasus baru.

    Oleh karena itu, PPKM untuk Jawa dan Bali diperpanjang dari tanggal 10-16 Agustus 2021, sementara untuk luar Jawa dan Bali diperpanjang tanggal 10-23 Agustus 2021.

    Mempertimbangkan perkembangan kasus Covid-19, khusus daerah dengan kondisi perbaikan sudah kelihatan, juga melihat kondisi sosial ekonomi masyarakat yang memerlukan dukungan ekonomi, sudah perlu untuk mulai dilakukan pembukaan secara bertahap beberapa aktivitas dan mobilitas secara terbatas.

    Dimulai di wilayah yang menerapkan PPKM Level 3, mulai dibuka secara bertahap Kegiatan Belajar Mengajar, Industri Orientasi Ekspor, Restoran, Mall dan Tempat Ibadah, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

    Masa pandemi Covid-19 global bergelombang memang sulit diprediksi, apalagi Indonesia dengan kondisi negara kepulauan memungkinkan klaster setiap pulau muncul secara bergelombang.

    Dengan persyaratan Prokes ketat (wajib masker) dan vaksinasi, kebijakan membuka Mall dan dunia perdagangan sangat tepat sekaligus akan menjadi obat. Demikian juga kepastian Kompetisi Liga 1, diikuti Liga 2 dan 3 akan menjadi obat sekaligus semangat untuk segera bangkit dan pulih dari keterpurukan selama masa pandemi ini.

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    KOMENTAR

    Berita Menarik Lainya

    Jangan Lewatkan