Senin, 21 Juni 2021
26 C
Surabaya
More
    Jawa TimurPasuruanBupati Irsyad Juga Ikut Kroscek Jalannya Penyekatan Jalur Pemudik Tiap Exit Tol

    Bupati Irsyad Juga Ikut Kroscek Jalannya Penyekatan Jalur Pemudik Tiap Exit Tol

    PASURUAN (WartaTransparansi.com) – Untuk memastikan pemberlakuan penyekatan jalan betul-betul maksimal, Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf bersama Forpimda Kabupaten Pasuruan melakukan pengecekan langsung.

    Selain Bupati Irsyad, pengecekan ini juga dihadiri Kapolres Pasuruan; Kapolres Pasuruan Kota, Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan; Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua PN Bangil serta Dandim 0819 Pasuruan.

    Dari pantauan di lapangan, Kamis malam hingga Jumat, pengecekan dilakukan di beberapa titik. Salah satunya di Exit Tol Rembang yang berada di kawasan PIER (Pasuruan Industrial Estate Rembang), Bangil.

    Menurut Bupati, Pemkab Pasuruan sangat berterima kasih atas kerja sama dari POLRI-TNI yang sama-sama berjuang untuk membantu menertibkan masyarakat. Utamanya dalam penegakan disiplin protokol kesehatan selama Pandemi Covid-19 serta penyekatan jalan yang akan dilalui para pemudik.

    Baca juga :  PPN Sembako, Wacana Keblinger Kemenkeu Tak Pro Rakyat

    “Sudah pasti capek, lelah dan seterusnya. Maka dari itu, apresiasi dari kami untuk para anggota TNI, POLRI, Satpol PP, Dishub, sampai Banser yang ikut membantu menertibkan masyarakat. Khususnya penegakan prokes dan pengetatan ini,” katanya.

    Sementara itu, Kapolres Pasuruan, AKBP Rofiq Ripto Himawan menjelaskan, di wilayah hukum Polres Pasurua, total terdapat 7 jalur penyekatan yang akan difungsikan. Yakni Simpang  Tiga  Depan  Polsek  Prigen.  (antisipasi  Menuju  Jalur Wisata  Perbatasan  Kabupaten  Pasuruan, (Prigen Sampai kabupaten Mojokerto Trawas), Simpang Arteri Gempol (Perbatasan Pasuruan-Mojokerto), Simpang Tiga Depan Masjid Assalam Gempol  (Perbatasan Pasuruan-Sidoarjo), Exit Tol Gempol, Exit Tol Sidowayah Bangil, Exit Tol Pandaan serta Exit Tol Purwodadi (Perbatasan Pasuruan-Malang).

    Baca juga :  Awas ICU RSUD Bangil Full Pasien Positif Corona

    “Kita siapkan tujuh  titik  penyekatan itu untuk mengantisipasi   warga  yang  nekat mudik  lebaran  di  tahun  2021. Titik Penyekatan  Yang  Di Siapakan   Satlantas Polres  Pasuruan  Berada  Di  Wilayah  Perbatasan   Pasuruan-Mojokerto, Pasuruan-Sidoarjo  Dan  Pasuruan-Malang,”bebernya.

    Namun demikian, pemudik lokal di area Pasuruan, Malang, Batu dan Probolinggo diperbolehkan melintas. Hal itu disebabkan karena Kabupaten  Pasuruan   termasuk  Satu  Rayon  Dengan  Kabupaten  Malang,  Kota Malang,  Kota Batu,  Kabupaten Probolinggo,  Kota  Probolinggo,  Dan  Kota Pasuruan.

    “Kalau dari luar sub rayon tidak diperbolehkan melintas kecuali ada alasan tertentu dan dibuktikan dengan surat ijin dan ada bukti rapid antigen. Kalau tidak, maka kami minta untuk putar balik,” tegasnya.

    Pengetatan ini dilakukan dalam rangka mencegah Penyebaran Covid-19 baik yang dilakukan oleh PPDN (Pelaku Perjalanan dalam Negeri) dan PMI (Pekerja Migran Indonesia).

    Baca juga :  Polres Pasuruan Berganti Komando, AKBP Rofiq Kepada AKBP Erick

    Di sisi lain, di sela-sela acara tersebut, Bupati Irsyad dan Forpimda lainnya membagikan bingkisan paket lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah. Bingkisan ini diberikan kepada para petugas posko penyekatan yang terdiri dari anggota Polri, TNI, Pol PP, Dishub, Jasa Marga, tenaga kesehatan, serta organisasi kepemudaan yang terdiri dari Banser PC NU dan sentra komunikasi. (*)

    Reporter : Henry Sulfianto
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan