Selasa, 22 Juni 2021
31 C
Surabaya
More
    TajukPrinsip Perjuangan Buruh dan May Day 2021 Damai Berisi

    Prinsip Perjuangan Buruh dan May Day 2021 Damai Berisi

    Oleh : Djoko Tetuko, Pemimpin Redaksi Wartatransparansi

    *PERJUANGAN* buruh tentu sajadah mengalami perubahan sesuai dengan tuntutan zaman dan kebutuhan industri dengan menyeimbangkan manajemen perusahaan tetap sehat, kuat dan bermanfaat.

    Peringatan Hari Buruh Internasional 2021 di Indonesia, sangat berisi dengan kualitas kegiatan menunjukkan kecerdasan buruh dan pekerja sudah jauh lebih hebat dan bermartabat.

    Potret peringatan Hari Buruh Internasional di Jawa Timur, dapat dilihat dari lokasi perjuangan pahlawan buruh Marsinah di Sidoarjo. Berubah menjadi kekuatan daya tawar baru buruh menuju persamaan hak dan perjuangan menjaga harmonisasi hubungan dengan pemerintah dan kalangan industri atau perusahaan.

    Di Sidoarjo 500 buruh, Sabtu (1/5/2021) menggelar acara vaksinasi di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo. Kesepakatan kegiatan tidak turun jalan dan yel-yel dalam kerumunan pada masa pandemi Covid-19 dan menghormati ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, dengan melakukan protokol kesehatan sangat ketat, menunjukkan sikap demokrasi sejati para buruh.

    Di Kabupaten Pasuruan, sesuai dengan prinsip utama perjuangan buruh yaitu religius. Di pabrik-pabrik menggelar acara doa bersama atau istighotsah dilanjutkan dengan buka bersama.

    Sidoarjo dan Pasuruan sebagai kota penyangga kawasan industri Surabaya, dengan buruh sangat dinamis menunjukkan satu sikap kedewasaan dalam memperjuangkan nasib sesama pekerja hari ini, besok, dan akan datang.

    Mengapa? Bahwa dengan kesepakatan melakukan kegiatan vaksinasi merupakan sikap sangat bijak karena memikirkan kesehatan dan keselamatan buruh dalam melakukan kinerja bersama perusahaan dalam mencapai target bersama dan kesejehtraan bersama berkeadilan.

    Demikian juga acara istighotsah atau doa bersama, sangat mujarab dilakukan pada saat menjelang berbuka puasa. Karena pada waktu itu merupakan waktu sangat mustajabah, dimana doa mudah dikabulkan.

    Vaksinasi dan istighotsah buruh menunjukkan bahwa mereka bersama-sama dalam memperjuangkan demokrasi, solidaritas, kejujuran, kemandirian sebagian nasionalis yang religius sangat menjaga keharmonisan dalam pekerja.

    Prinsip perjuangan buruh sebagaimana dirumuskan di Jakarta 3-4 Februari 2015, diawali dengan prinsip religius dan diakhiri dengan prinsip kemandirian, menunjukkan bahwa dalam melakukan berbagai aksi dalam memperjuangkan hak dan kewajiban, serta mendukung kekuatan ekonomi nasional mengabungkan prinsip demokrasi, solidaritas dan kejujuran.

    Peringatan May Day 2022 damai dan sangat berisi, mempunyai kualitas dan bobot sebagai kegiatan pekerja, di masa pandemi. Paling tidak ke depan menjadi salah satu model perjuangan buruh atau pekerja.

    Tentu saja sesuai dengan garis perjuangan, selalu mengedepankan rasa saling memiliki dalam bekerja, rasa saling memiliki dalam menjaga bangsa dan negara, rasa saling memiliki dalam mengawal produk hasil industri untuk kemakmuran dan kesejehtaran buruh beserta seluruh anak bangsa.

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan