Sabtu, 15 Mei 2021
29 C
Surabaya
More
    NasionalWaspada! Indonesia Wilayah Cincin Api

    Waspada! Indonesia Wilayah Cincin Api

    BOGOR (WartaTransparansi.com) – Mengingat Indonesia berada di wilayah cincin api, Presiden Joko Widodo meminta seluruh lapisan masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaannya terhadap bencana gempa bumi.

    “Saya perlu mengingatkan kalau kita ini berada di wilayah ring of fire, di wilayah cincin api. Oleh karena itu, aktivitas alam dapat terjadi setiap saat. Baik gempa, dan lain-lain kapan saja,” kata Jokowi dalam keterangan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (11/4/2021).

    Jokowi meminta seluruh kepala daerah untuk terus waspada mengantisipasi adanya bencana alam.

    “Saya mengingatkan kepada gubernur, bupati, wali kota, terus mengimbau masyarakat untuk mempererat kerja sama dan tingkatkan kesiapsiagaan, kewaspadaan akan datangnya sebuah bencana,” ujar Jokowi.

    Baca juga :  49.682 Pekerja Migran Indonesia  Berpotensi Masuknya Varian Baru Covid-19

    Atas peristiwa itu, Jokowi segera menginstruksikan Kepala BNPB, Kepala Basanas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk menentukan langkah darurat mencari dan menemukan korban yang tertimpa reruntuhan.

    “Saya juga perintahkan panglima TNI dan Kepolri serta jajaran terkait lainnya baik pemerintah provinsi,  pemerintah kabupaten/kota untuk menentukan langkah darurat dan mencari serta menemukan korban yang tertimpa reruntuhan dan segera melakukan perawatan pada korban serta penanganan dampak dari adanya gempa bumi ini,” ujarnya.

    Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Sabtu (10/4/2021) mengatakan, gempa bumi yang terjadi di Jawa Timur, merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi pergerakan naik (thrust fault).

    Baca juga :  Berada di zona kuning , Candi Prambanan dibuka untuk wisatawan

    Ia mengungkapkan, tak hanya di wilayah Malang, guncangan akibat gempa juga dirasakan di sejumlah daerah antara lain yaitu Blitar, Kediri, Trenggalek, Jombang, Nganjuk, Banjarnegara, Ponorogo, Madiun, Ngawi, Mojokerto, Klaten, Yogyakarta, bahkan hingga beberapa daerah di Nusa Tenggara Barat dan Bali.

    Menutup keterangan persnya, Dwikorita mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat juga diimbau agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

    “Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg,” tandasnya. (wt)

    Reporter :
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber :

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan