Rabu, 14 April 2021
32 C
Surabaya
More
    LapsusRaja Porang, Lulusan SD Membina Ribuan Petani

    Raja Porang, Lulusan SD Membina Ribuan Petani

    MENGUTIP pandangan Rocky Gerung, ijazah itu hanya tanda yang bersangkutan pernah bersekolah formal. Sedangkan kecakapan merupakan pengalaman yang terasah, hingga melahirkan kesanggupan menangani persoalan.

    Adalah Koimin, 50 tahun, warga Desa Bodag, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Jawa , yang saat ini dijuluki raja porang di wilayahnya.

    Porang merupakan jenis tanaman umbi umbian, bernama biologi _amorphophallus muelleri_. Atau dengan nama lain iles iles, yang serumpun dengan suweg dan walur.

    Sebelum disadari tanaman tersebut memiliki nilai ekonomis menggiurkan, tanaman yang tumbuh di dataran rendah hingga 1000 meter di atas air itu berkembang liar di lereng Gunung Wilis, daerah tempat tinggal Koimin.

    Awalnya tidak ada petani yang _ngreken_. Masyarakat setempat membiarkan tanaman itu meliar diantara belukar. Dianggap tidak bermanfaat. Malahan mereka menganggap lebih menguntungkan suweg dan walur (serupa), karena masih bisa dikonsumsi.

    Padahal tanaman itu sudah liar sejak moyangnya, tumbuh diantara kerindangan pepohonan hutan, yang bisanya hidup memang memerlukan naungan hingga 60 %.

    Koimin yang cuma lulusan dasar itu mulai angkat tindakan. Pada kisaran tahun 2006, setelah sebelumnya dia dan para petani lain mendapat pengarahan dari pihak Perhutani KPH Lawu DS, melalui kelompok masyarakat pengelola sumber daya hutan (MPSDH).

    Reporter : Bambang TW
    Penulis :
    Editor :
    Redaktur :
    Sumber : WartaTransparansi.com

    Komentar

    guest
    0 Komentar
    Inline Feedbacks
    View all comments

    Berita Menarik Lainya

    Terkini

    Jangan Lewatkan