Senin, 22 Juli 2024
23 C
Surabaya
More
    Jawa TimurBanyuwangiKUB Pantai Rejo Mendapatkan Penghargaan Nominasi Kalpataru

    KUB Pantai Rejo Mendapatkan Penghargaan Nominasi Kalpataru

    BANYUWANGI (Wartatransparansi.com) – Kelompok usaha bersama (KUB) pantai rejo yang di nahkodai Mokhammad Muhyi telah mendapatkan penghargaan Nominasi Kalpataru tahun 2020. Acara berlangsung di aula wisata pantai cemara kelurahan pakis, kecamatan kota, Kabupaten Banyuwangi. Selasa (09/03/2021).

    Penyerahan penghargaan nominasi tersebut diberikan langsung oleh sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi jawa timur didampingi Kepala Bidang konservasi DLH Kabupaten Banyuwangi, Camat kota Banyuwangi, Lurah Pakis, dan jajaran pengurus KUB pantai rejo sendiri.

    Dalam sambutan camat kota Banyuwangi M. Lutfi menuturkan untuk KUB pantai rejo terus mengembangkan keindahan pantai tanpa ada bangunan permanen sehingga tidak merusak ekosistem. Lingkungan pantai boleh dibangun namun tidak permanen hanya pondok – pondok saja sehingga keindahan view alam tidak berubah,” ujarnya.

    Selain itu kata lutfi dapat juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui UMKM dengan produk yang penuh kreatif dan usaha itu pemerintah sebagai Quality Control nya. Sehingga Masyarakat dapat memulihkan perekonomiannya melalui UMKM dengan produk yang berkualitas,” tandasnya.

    KUB Pantai Rejo Mendapatkan Penghargaan Nominasi Kalpataru

    Usai acara penyerahan sekretaris DLH Provinsi jatim, Uda Hari Pancoro dalam wawancaranya mengatakan bahwa penyerahan penghargaan nominasi Kalpataru ini sebagai acuan untuk memperbaiki kedepan agar dapat lebih baik dan bisa meraih juara di tingkat nasional, maka dari itu dari hasil nominasi tingkat nasional ini sudah menunjukkan bahwa secara prinsip pengelolaan lingkungan hidup di sini sudah baik. Untuk meningkatkan selanjutnya penting sekali peran dari pemerintah provinsi maupun kabupaten untuk bersama mendorong kegiatan di sini, selain itu CSR dari industri atau perusahaan,” ucapnya.

    Ditambahkan sekretaris DLH Provinsi jatim melihat kondisi dan potensi yang ada di sini dapat di pelajari dan dilakukan bersama-sama apa yang akan diperbaiki dan ditingkatkan kedepannya. Dikarenakan bahwa penghargaan itu adalah suatu bentuk apresiasi pemerintah kepada masyarakat yang sudah melakukan secara ikhlas. Mendapatkan penghargaan kalpataru itu sangat sulit dan tim penilainya pun indepedent, dalam satu tahun yang mendapatkan penghargaan kalpataru hanya 10 – 12 dari seluruh Indonesia. Untuk itu KUB pantai rejo kedepannya harus lebih baik dan terus memberikan edukasi – edukasi terhadap masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup di wilayah sekitar pantai ini,” jelasnya.

    Di sisi lain ketua KUB pantai rejo Mokhammad Muhyi mengatakan pada awak media bahwa dirinya bersama pengurus yang lain merasa bersyukur dan bangga telah menerima penghargaan nominasi kalpataru tingkat nasional dan akan mempertahankan terus melakukan peningkatan – peningkatan dalam kegiatan penyelamatan lingkungan di pantai cemara salah satunya dengan kegiatan konservasi penyu. Kita tetap optimis untuk menyelamatkan hewan langka yang dilindungi dan sudah mulai punah,” Kata Muhyi.

    Dalam meningkatkan kinerja kami bersama rekan – rekan selalu berkoordinasi dengan pemerintah yang berkaitan dengan kegiatan kami,” pungkasnya. (Yin)

    Reporter : Nur Muzayyin

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2021 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan