Minggu, 21 Juli 2024
27 C
Surabaya
More
    PendidikanKemendikbud Rancang Permendikbud Penanggulangan Kekerasan Seksual

    Kemendikbud Rancang Permendikbud Penanggulangan Kekerasan Seksual

    JAKARTA (WartaTransparansi.com) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengatakan, pihaknya tengah merancang Peraturan Menteri Pendidikan (Permendikbud) tentang pencegahan dan penanggulangan kekerasan seksual di perguruan tinggi (PT).

    “Saat ini kami sedang mendiskusikan rancangan Permendikbud pencegahan dan penanggulangan kekerasan seksual di perguruan tinggi,” kata Nadiem dalam webinar perempuan pemimpin dan kesetaraan gender, Senin (8/3/2021).

    Menurut Nadiem, hal itu diharapkan dapat menjadi mekanisme terbaik untuk menerima dan menindaklanjuti laporan tiga dosa besar pendidikan di jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD), sekolah dasar dan sekolah menengah untuk membentuk satuan kerja pencegahan kekerasan.

    “Laporan yang datang dari siswa, guru atau masyarakat diharapkan menjadi mekanisme terbaik untuk mendorong sekolah dan perguruan tinggi untuk membentuk satuan kerja pencegahan kekerasan,” ujar Nadiem.

    Meski demikian, Kemendikbud telah berupaya mendorong terciptanya lingkungan belajar yang aman bagi peserta didik perempuan. Ini dengan diterapkannya Permendikbud 82/2015 tentang pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan di lingkungan satuan pendidikan untuk tingkat sekolah dasar dan menengah.

    Namun, diharapkan peraturan menteri untuk perguruan tinggi dan mekanisme yang dirancang dengan penuh kehati-hatian serta pertimbangan ini, menurut Nadiem dapat berjalan secara tepat sasaran dan sesuai dengan harapan.

    “Tetapi satu hal yang perlu diingat, kami hanya akan menjadi satu ombak kecil di tengah upaya menciptakan lingkungan yang mendukung bagi perempuan,” kata Nadiem.

    Ia menambahkan, dengan adanya kesadaran dan kemauan semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama menebus kesalahan di dunia pendidikan, maka lingkungan belajar akan semakin kondusif serta para peserta didik dapat memiliki kecerdasan dan berkarakter unggul.

    “Kita dapat pemantik gelombang terjun. Lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung bagi perempuan mulai dari rumah, sekolah, perguruan tinggi, sampai tempat kerja, akan mendorong kemunculan lebih banyak perempuan pemimpin di masa depan dengan kecerdasan dan karakter unggul,” katanya. (wt)

    COPYRIGHT © 2021 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan