Rabu, 24 Juli 2024
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetanPolres Magetan Di Praperadilankan Atas Penetapan Tersangka H.Muhammad Nurdin

    Polres Magetan Di Praperadilankan Atas Penetapan Tersangka H.Muhammad Nurdin

    MAGETAN (WartaTransparansi.com) –  Merasa penetapannya sebagai tersangka dalam dugaan tindak pidana penipuan atas laporan Burhanudin. Alasan diajukannya gugatan Pra Peradilan karena Termohon (Polres Magetan), diduga telah melakukan tindakan melawan hukum dalam proses penetapan Tersangka atas H.Muhammad Nurdin.

    Melalui Kuasa Hukumnya Dominggus JBTW Da Costa,SH,MH dan Rekan dari Perkumpulan Advocat Indonesia (Peradin) sekaligus Pos Bantuan Hukum Advocad Indonesia (Posbakumadin) mengajukan permohonan Pra Peradilan terhadap Kapolri cq. Kapolda Jatim cq. Kapolres Magetan cq. Kasat Reskrim Polres Magetan cq.KBO Polres Magetan cq, Kanit Reskrim Unit II Polres Magetan sebagai Termohon.

    Kuasa Hukum H.M Nurdin Dominggus JBTW Da Costa,SH,MH mengatakan bahwa telah mengajukan Pra peradilan kepada termohon Polres Magetan pada 7 Desember 2020 lalu ke Pengadilan Negeri Magetan.”Kita ajukan Pra peradilan dan hari ini sudah dilaksanakan sidang pertama,”ujar Dominggus.

    Baca juga :  Sujatno Ajak Masyarakat Tumbuhkan Minat Membaca

    Dijelaskan hari ini Senin (21/12) digelar sidang pertama di PN Magetan dengan agenda pembacaan permohonan.
    Lebih lanjut Dominggus mengatakan alasan diajukannya Pra Peradilan adalah terhadap Termohon adalah atas sikap penyidik yang memaksakan kehendak menetapkan tersangka padahal perkara antar pihak adalah perkara Perdata.

    “Kita ketuk hati nurani para penegak hukum untuk melaksanakan tugas berdasarkan UU,” tegas Dominggus.

    UU yang dimaksud adalah KHUP dan UU lain dalam mendukung pelaksanaan KHUP berdasarkan Pancasila Dan UUD 1945. Kita berkehendak memperbaiki proses hukum yang ada di RI dan adanya kepastian hukum pada warga negara.

    Gugatan Pra Peradilan ini berawal saat ada kegiatan bisnis antara H.M Nurdin dengan Burhanudin dalam bisnis kain mandar dan karena merasa tertipu.

    Baca juga :  Generasi Muda NU Magetan berharap DPP PKB Netral dan Moderat dalam Uji Kelayakan Dan Kepatutan Calon Ketua DPRD

    Burhanudin melakukan gugatan di Pengadilan Madiun dan Dalam gugatan tersebut Burhanudin di tolak dan secara kebenaran hukum ada pada H.M Nurdin.

    Dijelaskan Dominggus setelah gugatannay di tolak Burhanudin melakukan gugatan pidana dan melaporkan ke Polsek Maospati dan sampai Ke polres Magetan yang berujung pada penetapan Tersangka Kliennya H.M Nurdin yang dianggap cacat demi Hukum.

    Sementara itu Kapolres Magtan AKBP Festo Ari Permana, S IK mennaggapi gugatan Pra Peradilan yang dilakukan H.M Nurdin mengatakan akan mengikuti proses Pra Peradilan yang hari ini sudah memasuki sidang perdana.” Kita ikuti prosesnya Pra Peradilan ,”ujar Festo.(rud/sal)

    Reporter : Rudi/Faisal

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2020 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan