Jumat, 14 Juni 2024
29 C
Surabaya
More
    OpiniTajukKetika SKK Migas Konsisten bersama PWI Mencerdaskan Wartawan

    Ketika SKK Migas Konsisten bersama PWI Mencerdaskan Wartawan

    Oleh Djoko Tetuko – Pemimpin Redaksi Wartatransparansi.com

    Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), mengamanatkan bahwa ;

    Sejarah perjuangan Wartawan Indonesia tidak dapat dipisahkan dari perjuangan Rakyat Indonesia untuk mencapai kemerdekaan maupun mempertahankan dan mengisinya di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

    Melalui Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia bertujuan mewujudkan masyarakat yang berke-Tuhanan Yang Maha Esa, merdeka, berdaulat, adil dan makmur serta beradab.

    Dalam perjuangan rakyat Indonesia mencapai cita-citanya, wartawan Indonesia berpegang teguh pada konstitusi Negara.

    Menyadari peranannya sebagai alat perjuangan bangsa, wartawan Indonesia bertekad melanjutkan tradisi patriotik dalam semangat demokrasi.
    Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa serta tanpa membedakan aliran politik, suku, ras, agama dan golongan, Wartawan Indonesia pada tanggal 9 Februari 1946 di kota Solo telah menyatukan diri dalam organisasi Wartawan Nasional bernama Persatuan Wartawan Indonesia disingkat PWI.

    Baca juga :  Menjaga Marwah Bulan Besar (Dzulhijjah)

    Jumat (27/11/2020) PWI Provinsi Jawa Timur menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-31, dengan menguji wartawan muda dari berbagai daerah. Di antaranya Sumenep, Bojonegoro, Ngawi, Lamongan, dan Surabaya.

    Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mendukung program-program yang dilaksanakan PWI Jatim dalam meningkatkan profesionalisme dan kompetensi wartawan.

    Pernyataan itu disampaikan

    Kepala SKK Migas Jabanusa (Jawa, Bali dan Nusa Tenggara) Nur Wahidi pada pembukaan UKW menyatakan, SKK Migas sangat mengapresiasi kerja para wartawan dalam memberitakan kegiatan hulu migas kepada masyarakat, karena tanpa wartawan kami ini bukan apa-apa, hanya bekerja.

    SKK Migas Jabanusa dan SKK Migas daerah lain, sudah beberapa kali mendukung kegiatan UKW di beberapa daerah. Dan di Jatim, merupakan kelanjutan kegiatan serupa yang digelar pada akhir Oktober 2020 dan juga tahun 2019.

    Baca juga :  Menjaga Marwah Bulan Besar (Dzulhijjah)

    Komitmen wartawan dalam organisasi kewartawanan PWI, merupakan komitmen kebangsaan untuk menjaga perjuangan bangsa dan negara menuju cita-cita luhur kesejahteraan, kemakmuran, yang berkeadilan. Sebagaimana pembukaan PD PRT PWI. Sekaligus terus menerus meningktakan kecerdasan wartawan sebagai penyebar Informasi bermanfaat bagi seluruh rakyat. (*)

    Penulis : Djoko Tetuko

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2020 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan