Senin, 22 Juli 2024
23 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetanProgram Berseri  Menuju Desa Bersih Dan Lestari

    Program Berseri  Menuju Desa Bersih Dan Lestari

    MAGETAN  (WartaTransparansi.com) – Program Berseri  adalah  upaya Pemerintah Provinsi Jawa Timur  Kabupaten Magetan dalam mewujudkan Desa/Kelurahan yang Bersih dan Lestari.

    Program ini mengikutsertakan berbagai pihak dari perangkat Desa,RW,RT dan segenap  masyarakat.

    Hari Ini di Magetan tepatnya di Desa Dambirobyong Kecamatan Sidorejo diadakan penilaian lomba Desa bersih dan lestari.Ada beberapa aspek dalam penilaian Desa  bersih dan lestari diantaranya tentang pengelolaan sampah, pemanfaatan pekarangan,dan  pencegahan penyebaran covid 19.

    Kepala Desa Sambirobyong  Sukarna mengatakan penilaian desa bersih dan berseri tingkat Magetan ini bertujuan memberdayakan segenap masyarkat desa dalam mengelola dan menjaga kebersihan lingkungan sehingga terwujud desa yang ramah lingkungan terbukti di Desa Sambirobyong sudah ada pengelolaan sampah lewat bank sampah.

    “Saat ini pengelolaan sampah melalui Bank sampah Podang Lestari,” ungkap Sukarna.

     Terdapat beberapa kategori dalam penilaian progaram Berseri  yaitu Pratama, Madya dan Mandiri. Tiap  kategori  penilaiannya  diantaranya prodak unggulan, pemilahan sampah, bank sampah, tanaman jalan, serta peran serta kader dan warga lingkungan yang aktif.

    Sukarna berharap masyarakat desa Sambirobyong berperan aktif  pada pengelolaan lingkungannya.Jika lingkungannnya bersih dan lestari, maka yang merasakan manfaat  juga masyarakat itu sendiri (rud/sal)

    Reporter : Rudy/Faisal

    Sumber : WartaTransparansi.com

    COPYRIGHT © 2020 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan