Rabu, 24 Juli 2024
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurMagetanPemerintah Desa Dirikan Posko Satgas Covid 19

    Pemerintah Desa Dirikan Posko Satgas Covid 19

    MAGETAN (WartaTransparansi.com) – Sesuai dengan Intruksi Gubernur Jawa Timur guna pencegahan penyebaran wabah Virus Corona setiap Pemerintah diminta untuk mendirikan posko Satgas Covid 19 dan menyediakan ruang isolasi bagi masyarakat yang mudik atau warga yang pulang dari Luar Negeri terutama bagi negara yang terdampak langsung Covid 19.

    Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus Corona bagi warga yang mudik dari luar daerah dan yang baru datang dari Luar negeri harus menjalani isolasi selama 14 hari.

    Dari pantauan yang dilakukan Koran Transparansi di beberapa wilayah Kecamatan di Kabupaten Magetan sudah mendirikan Posko Satgas Covid 19 dan ruang isolasi. Ruang Isolasi ada yang berada di aula Balaidesa ada juga di gedung sekolah yang sudah tidak digunakan.

    Baca juga :  Ini Harapan Ketua PC NU Magetan untuk Kader PKB Yang Akan Pimpin DPRD

    Pemerintah Desa Dirikan Posko Satgas Covid 19Salah satu posko yang sudah berdiri ada di Desa Kedungpanji Kecamatan Lembeyan.Posko berada di aula balai desa seetempat yang didirikan sesuai standart kesehatan dalam penanganan wabah corona.Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Kedungpanji Sugeng Selasa (07/04).

    Sijelaskan Posko Satgas Corona 19 didirikan menindaklanjuti Intruksi dari Gubernur Jawa Timur melaui pemerintah daerah.Sebagai penanggungjawab Posko adalah kepoala desa dengan anggota dari tenaga medis dari puskesmas, Babibsa, dan Babinkamtibmas setempat.”Posko Satgas mendirikan ruang karantina bagi pemudik dan warga yang pulang dari Luar negeri,”ujar Sugeng.

    Dijelaskan Sugeng jika biaya pendirian Posko Satgas Covid 19 dibebankan kepada Pemerintah Desa.Bahkan Posko ini Di Desa Kedungpanji dibentuk sampai tingkat Dusun dengan posko induk Di balai desa.Tugasnya mendata dan melaporkan warga yang datang baik itu pemudik maupun yang datang dari luar negeri dan selanjutnya dilaporkan ke Posko induk di Desa.

    Baca juga :  Sujatno Ajak Masyarakat Tumbuhkan Minat Membaca

    Selain mendata para pemudik Posko Covid 19 juga memberikan sosialisasi ke masyarakat jika ada saudaranya yang di luar daerah akan mudik agar diingatkan untuk membatalkan tidak pulang kampung.

    Dan jika tetap pulang sesampainya di Desa akan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan diisolasi selama 14 hari.Diharapkan himbauan tersebut warga akan mengurungkan niatnya mudik sehingga bisa menghambat penyebaran virus Corona.

    Dari pendataan Di Desa Kedungpanji sudah ada beberapa warga yang dari luar daerah datang dan satu orang dari luar negeri yaitu Amerika Serikat (AS) yang bekerja di pelayaran.

    Kepala Desa Kedungpanji berharap agar warga desanya tetap tenang selalu menjaga kesehatan dan jaga kebersihan dengan mencuci tangan dan memakai masker dan selalu jaga jarak.(rud/Sal)

    Penulis : Rudi/Faisal

    Editor : Amin Istighfarin

    COPYRIGHT © 2020 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan