Sabtu, 13 April 2024
27 C
Surabaya
More
    HeadlineJadilah Muslim ber-Amar Ma'ruf Nahi Munkar

    Jadilah Muslim ber-Amar Ma’ruf Nahi Munkar

    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    APAPUN profesi dan pekerjaan seorang muslim, agar tidak selalu dalam keadaan rugi, maka tugas dakwah tidak boleh dia tinggalkan.

    “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran” (QS. Al ‘Ashr).

    Setiap muslim berkewajiban untuk menyampaikan dakwah sesuai dengan kapasitas dan kemampuan yang dimiliki.
    Dengan demikian bisa dikatakan bahwa dakwah adalah jalan hidup seorang mukmin yang senantiasa mewarnai setiap perilaku dan aktifitasnya.

    “Katakanlah: “Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik.” (QS:Yusuf : 108)

    Dan Sesungguhnya jiwa manusia itu tidaklah patuh pada orang yang berkata namun tindakan nyatanya itu berbeda.

    Manusia akan lebih senang mengikuti orang yang mempraktekkan langsung, dibanding dengan orang yang cuma sekedar berucap.

    “Dan hendaklah ada dari kamu satu umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; mereka adalah orang-orang yang beruntung”. (QS Ali Imran:104)

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan