Jumat, 12 April 2024
27 C
Surabaya
More
    Jawa TimurPasuruanBawaslu Kab. Pasuruan Ajak Masyarakat Ikut Jadi Pengawas Pemilu 2019

    Bawaslu Kab. Pasuruan Ajak Masyarakat Ikut Jadi Pengawas Pemilu 2019

    Pasuruan – Sosialisasi tersebut dihadiri seluruh komisioner Bawaslu Kabupaten Pasuruan, diantaranya Nasrub, Titin Wahyuningsih, dan Krisna Misbah. Selain itu, hadir pula Komisioner Bawaslu Jatim, Aang Kunaifi yang didapuk sebagai pemateri acara. Sedangkan peserta sosialisasi terdiri dari mahasiswa, ormas (organisasi masyarakat), dan jurnalis di Pasuruan.

    Menurut Nasrub, sosialisasi tersebut merupakan inisiatif Bawaslu Kabupaten Pasuruan untuk memaksimalkan peran dan fungsi pengawasan, serta dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat bahwa selain Bawaslu, masyarakat juga menjadi pemantau atau pengawas Pemilu.

    “Masyarakat juga memiliki andil besar dalam menyukseskan Pemilu 2019, baik organisasi kemasyarakatan, kepemudaan, atau LSM. Seluruh pihak harus sama-sama terlibat untuk mensukseskannya,” kata Nasrub dalam sambutannya.

    Baca juga :  Hujan Deras, Bikin Jalan Raya Kraton Terendam Air Setinggi 50cm

    Dikatakannya, kinerja Bawaslu tidak akan maksimal tanpa ada partisipasi dari masyarakat, lantaran Bawaslu juga punya keterbatasan. Dan secara umum tanggung jawab suksesnya pelaksanaan Pemilu bukan hanya penyelenggara dan pengawas, melainkan seluruh lapisan masyarakat.

    “Oleh karena itu sangat dibutuhkan peran pemantau khususnya para kaum muda. Sebab kaum muda adalah generasi yang potensial, faham dan mengerti UU dan aturan, maka dari itu kami sangat berharap sekali partisipasi semua piha, minimal memberikan informasi jika ada indikasi pelanggaran atau kecurangan”, ujar Nasrub

    Pihaknya berharap dalam setiap tahapan, khususnya pada saat pelaksanaan Pemilu 2019, pemantau baik secara kelembagaan atau perorangan dapat membantu Bawaslu dalam pengawasan serta pencegahan pelanggaran Pemilu.

    Baca juga :  Banjir Bandang Jelang Idul Fitri Di Pasuruan, Makan Dua Korban Nyawa

    “Minimal menginformasikan atau mengingatkan Bawaslu manakala ada hal-hal yang tidak terjangkau dalam pengawasan Bawaslu”, tambah dia.

    Di sisi lain, Titin mengajak masyarakat untuk pro aktif dalam pengawasan pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang.

    “Sebab di tingkat Kabupaten Pasuruan hingga saat ini belum ada satupun lembaga atau masyarakat yang mendaftarakan untuk menjadi pengawas pemilu. Karena itu Bawaslu inginkan masyarakat untuk ikut partisipasi,” tegasnya (hen)
    

    Editor : Nakula

    Redaktur : WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan