Jumat, 25 Oktober 2024
35 C
Surabaya
More
    Jawa TimurKediriSemaan Al-Qur'an Moloekatan Haul ke 32 Gus Miek di Area Ponpes Al...

    Semaan Al-Qur’an Moloekatan Haul ke 32 Gus Miek di Area Ponpes Al Falah Ploso Kediri

    KEDIRI (WartaTransparansi.com) – Sejak pagi, disekitar area Pondok Pesantren (Ponpes) Al Falah, Ploso, Kediri sudah didatangi oleh para jamaah dari berbagai wilayah di Indonesia.

    Berbekal kendaraan pribadi dan umum, para jamaah baik laki-laki maupun perempuan disegala usia. Cukup, antusias mengikuti rangkaian acara Haul KH Chamim Djazuli (Gus Miek-red) ke-32 dan istri beliau Hj Lilik Suyati ke-5.

    Selama acara berlangsung, suasana khidmat dan penuh ketenangan menyelimuti jamaah Semaan Al-Qur’an dan Dzikrul Ghofilin Moloekatan Haul Gus Miek ke-32 berdasarkan informasi panitia kurang lebih sebanyak 60-65 ribu orang berbondong-bondong hadir.

    Selain melakukan sholat berjamaah 5 waktu rangkaian kegiatan majelis ini juga diisi dengan lantunan suara para hafidz secara bergantian membaca seluruh 30 juz Al-Qur’an dari pagi sampai malam hingga selesai. Menambah daya tarik, dan ciri khas tersendiri majelis pengajian tersebut.

    Tak hanya sampai disitu, amalan ibadah lainya juga telah tersusun rapi oleh panitia meliputi, pembacaan tahlil, Dzikrul Ghofilin, pembacaan Syi’ir Ya Arhamarohimin, Syi’ir Ya Rohmatullohi Zuri, dilanjutkan mendengarkan nasihat dari putra Gus Miek yakni KH Tijani Robert Saifunawas atau yang akrab disapa Gus Robert.

    Baca juga :  KAI Daop 7 Perkuat Pengamanan Aset melalui Kerja Sama dengan Kejaksaan Negeri

    Kemudian, dilanjutkan Ihda’ul  Fatihah, pembacaan Syi’ir Ya Halim Ya Hannan oleh cucu Gus Miek yakni KH Thuba Topo Broto Maneges atau yang akrab disapa Gus Thuba. Di akhiri dengan membaca Doa Khotmil Qur’an secara bersama-sama.

    Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Wartatransparansi tradisi Semaan Al-Qur’an, yang berarti mendengarkan pembacaan Al-Qur’an secara bersama-sama, telah rutin dilaksanakan oleh para jamaah Semaan Al-Qur’an dan Dzikrul Ghofilin Moloekatan Gus Miek.

    Disinyalir dengan mendengarkan Al-Qur’an secara khusyuk, jamaah dapat lebih mudah untuk mengenali kelemahan dan kekurangan diri sendiri.

    Hal ini diungkapkan oleh Penasehat Moloekatan Gus Miek, Cholil Hasyim, bertempatan Haul ke-32 Gus Miek, dan Hj Lilik Suyati ke-5 mengusung tema menanggulangi pecah belah umat. Ia merasa tergugah dengan tema tersebut sebagai upaya mempererat persatuan, dan kesatuan umat Islam ditengah perbedaan pandangan, aliran bahkan kepentingan politik. Hal ini telah di ajarkan sesuai dengan konsep gaya pemikiran Gus Miek.

    Baca juga :  Program yang diusung Terbukti Bermanfaat, Warga Puncu Siap Menangkan Mas Dhito

    ” Gus Miek memiliki konsep segitiga pengaman diwujudkan berupa tradisi Semaan Al-Qur’an dan Dzikrul Ghofilin dengan harapan segenap jamaah dapat tahu akan dirinya, mengoreksi diri, dan mawas diri,” ucap Cholil, Kamis, (20/6/2024) malam.

    Menurut Cholil,  jamaah Semaan Al Qur’an Moloekatan Gus Miek harus dapat menyeimbangkan antara hubungan vertikal dengan hubungan horizontal. Al-Qur’an juga telah mengajarkan agar tidak hanya beribadah kepada Allah tetapi juga untuk berbuat baik kepada sesama.

    Dalam setiap tradisi Semaan Al-Qur’an yang dipimpinnya semasa hidup, Gus Miek. Kata Cholil beliau selalu menyampaikan pesan penting ini kepada jamaah yakni jangan pernah merasa lebih baik dari orang lain.

    Pesan ini menjadi salah satu nilai utama yang senantiasa diingat dan dijalankan oleh jamaah hingga hari ini.

    Baca juga :  Politik Kota Kediri Memanas, Wakil Ketua DPRD Pertanyakan Kepemimpinan Dra. Firdaus

    ” Sebagai jamaah Semaan Al-Qur’an, kita diajarkan tidak memiliki apapun kecuali Allah SWT, kemudian kita tidak merasa lebih baik dari pada orang lain. Maka bila itu terwujud niscaya menciptakan persatuan kesatuan,” ungkap Cholil.

    Untuk diketahui, KH. Chamim Djazuli lahir pada 17 Agustus 1940 ia adalah anak

    kandung dari KH. Ahmad Djazuli Utsman, pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Ploso, Ploso, Mojo, Kediri, Jawa Timur.

    Ia terkenal sebagai seorang wali (kekasih Allah-red) yang menghabiskan sebagian besar waktunya di luar Pesantren untuk berdakwah. Gus Miek juga terkenal sebagai wali yang memiliki banyak karomah (kelebihan-red).

    Namun pada 5 Juni 1993 atau bertempatan pada 14 Dzulhijjah 1413 H Gus Miek wafat, dikebumikan di area Makam Aulia Dusun Tambak Desa Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. (*)

    Reporter : Moch Abi Madyan

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan