Rabu, 24 Juli 2024
30 C
Surabaya
More
    Jawa TimurSumenepKades Pandian Resmikan Destinasi Wisata "Ekowisata Tambak Keraton"

    Kades Pandian Resmikan Destinasi Wisata “Ekowisata Tambak Keraton”

    SUMENEP (Wartatransparansi.com) – Kepala Desa Pandian Kab. Sumenep, M. Budiyanto meresmikan Ekowisata Tambak Keraton sebagai salah satu destinasi wisata di Desa Pandian. Kegiatan dihadiri perangkat desa dan ibu-ibu PKK di Dusun Laok Sungai Pandian itu berlangsung meriah, Rabu (12/6/2024).

    Peresmian Ekowisata ditandai dengan pengguntingan pita serta belah tumpeng oleh Kades Budiyanto dan istrinya. Setelah itu, keduanya naik “bebek angsa” di atas sungai sepaniang 50 meter sambil melambaikan tangan.

    “Saya ingin, wilayah produktif di desa kami bisa menjadi destinasi wisata alam lepas dan terbuka bagi para wisatawan lokal. Ini adalah pemanfaatan alam untuk bisa dinikmati oleh semua masyarakat dari mana pun,”  ujar M. Budiyanto saat ditemui wartawan.

    Baca juga :  Pegiat Sosial Persoalkan Proyek Jalan di Kec. Ganding dan Saronggi Sumenep

    Kades Pandian Resmikan Destinasi Wisata "Ekowisata Tambak Keraton"

    Menurutnya, konsep wisata air di laok sungai itu merupakan bagian dari merawat  kali sungai untuk dimanfaatkan dengan hal yang lebih bermakna dan produktivitas ke depan, sebagai sarana dalam pengembangan desa.

    “Jadi, konsep wisata air itu bagian dari merawat  sungai agar tetap bersih dan bernilai untuk kemajuan desa, tentu dengan binaan Bumdesa Pandian,” katanya.

    Ia juga mengatakan, bahwa hampir di setiap desa memiliki tempat wisata, terlepas itu binaan Bumdes atau milik pengusaha, intinya, hampir di setiap desa itu sudah memiliki tempat wisata tersendiri.

    “Jadi, konsep wisata itu sebenarnya menjadi menarik karena manusia itu tidak terlepas dari sifat rekreatif yang menyenangkan dan sejuk, makanya konsep pemandangan alam lepas terbuka saya gagas untuk memancing suasana baru bagi pengunjung,” tukasnya.

    Baca juga :  Pegiat Sosial Persoalkan Proyek Jalan di Kec. Ganding dan Saronggi Sumenep

    Budiyanto berharap, dengan dibukanya ekowisata bisa membantu mencerahkan pemikiran anak-anak untuk tidak cepat bosan. Di lokasi tersebut, anak-anakbisa bermain sambil belajar.

    Bagi wisatawan lokal yang masuk ke lokasi Ekowisata Tambak Keraton dan ingin menghirup udarasegar sambil naik “bebek angsa” selama 15 menit, cukup membeli tiket seharga Rp5 ribu. (*)

    Reporter : Faisol ER

    COPYRIGHT © 2024 WartaTransparansi.com

    Berita Terkait

    Jangan Lewatkan